BACA KITA SUCI, DOA TIAP HARI


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin

BERNYANYI BE-179:1 Adong do sada mual i
Adong do sada mual i, di na mardosa i.
Mansai denggan do mual i, pasonang rohangki.

PEMBACAAN FIRMAN
Why. 22:12-17 (Pagi)
Yes. 43:14-18 (Malam)

RENUNGAN
Mazmur 23:2
Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;

BACA KITA SUCI, DOA TIAP HARI
Mazmur Daud yang sangat populer ini menggambarkan Tuhan sebagai gembala dan kita adalah domba-domba-Nya. Kita menjadi domba yang berbaring di padang rumput yang hijau di dekat air yang bersih dan tenang. Situasi di mana merasa aman, nyaman dan penuh sukacita. Mazmur Daud ini juga mau menggambarkan, bahwa tubuh kita bila tidak dilindungi sangatlah rapuh terhadap lingkungan disekitarnya. Secanggih apapun tekhnologi dan sebanyak apapun penemuan, nyatanya belum dapat melindungi dan menjamin keamanan dan kesehatan tubuh kita. Mungkin bom dapat dijinakkan, banjir besar dapat dihindari, tetapi tetap ada titik lemah kita sebagai manusia fana ini. Misalnya saja ketidakmampuan tubuh menghadapi penyebaran virus ataupun bakteri yang sulit terlihat, dalam waktu singkat manusia jatuh sakit dan bahkan mati.

Hanya Tuhan perlindungan yang sebenarnya. Perlindungan Tuhan adalah jaminan keamanan, kenyamanan dan sukacita. Untuk mendapatkan perlindungan itu, manusia harus selalu mengandalkan Tuhan. Setiap tarikan nafas kita, setiap ayunan langkah kita, setiap tatapan mata kita, setiap tutur kata kita, dan setiap detik waktu kita, andalkanlah Tuhan, maka tubuh ini pasti aman terlindungi. Pertanyaannya, bagaimana mungkin itu dilakukan? Kita harus bekerja, harus sekolah, harus tidur, itulah beberapa alasan kita untuk tidak mengandalkan Tuhan bahkan melupakan Tuhan. Tetapi itu bukanlah alasan, karena banyak cara agar manusia dapat secara terus menerus mengandalkan Tuhan. Kalau kita pernah menyanyikan lagu di sekolah Minggu, “…baca Kitab Suci, doa tiap hari…” inilah bentuk sederhana kita mengandalkan Tuhan setiap saat, dan yakinlah Tuhan akan melindungi kita memberikan kenyamanan dan kegembiraan sepanjang hidup di dunia dan pada kehidupan kekal kelak.

BERDOA

BERNYANYI KJ-3:2 Kami Puji Dengan Riang
Kau memb’ri, Kau mengampuni, Kau limpahkan rahmat-Mu. Sumber air hidup ria, lautan kasih nan restu. Yang mau hidup dalam kasih, Kau jadikan milik-Mu. Agar kami menyayangi meneladan kasih-Mu.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s