MELAWAN HAWA NAFSU, MENJAGA KEKUDUSAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-467:4 Asi ni rohaM Hupuji
Sai papulik rohanami gabe pangoloi di Ho/ Asa marsahala hami lao manghatindangkon Ho/ IngananMu rohanami, TondiMi manggohi i. Pangke dohot ngolunami gabe ulaulaMi.

PEMBACAAN FIRMAN
Yes. 19: 21 (Pagi)
2 Kor. 9: 10-15 (Malam)

RENUNGAN
2 Petrus 2:10
Terutama mereka yang menuruti hawa nafsunya karena ingin mencemarkan diri dan yang menghina pemerintahan Allah. mereka begitu berani dan angkuh, sehingga tidak segan-segan menghujat kemuliaan.

MELAWAN HAWA NAFSU, MENJAGA KEKUDUSAN
Setiap manusia diberikan TUHAN perasaan, keinginan (kehendak bebas) dan akal budi, itu menjadikan manusia sebagai ciptaan yang lebih sempurna dibanding ciptaan yang lainnya. Hari ini dijelaskan tentang kehidupan manusia yang dipenuhi dengan keinginan, namun bukan keinginan yang baik; yaitu keinginan daging atau hawa nafsu. Keinginan ini berhubungan dengan apa yang terjadi di kota Sodom dan Gomora (ay.6). Manusia yang tidak mampu mengendalikan hawa nafsunya nampak dalam percabulan, tindakan anarkis, dan tidak memandang TUHAN lagi. Hawa nafsu tersebut membawa penghukuman TUHAN, karena itu adalah perbuatan keji di mata TUHAN. Namun, sebelum hukuman itu berlangsung TUHAN tetap menunjukkan kasih sayangnya agar mereka bertobat (Kej.18:22-33).

Saudara, keinginan adalah pemberian TUHAN; dengan demikian keinginan itu haruslah digunakan untuk memuliakan TUHAN, keinginan dalam hidup haruslah tetap selaras dengan perintah TUHAN. Diberikan kebebasan, bukan berarti kita bebas tanpa aturan, namun hidup dalam kehendak TUHAN. Kita tidak menafikan bahwa TUHAN memberikan kehendak bebas kepada kita, namun kita harus menjaganya sesuai dengan kehendak TUHAN agar kekudusan tetap terjaga. Apabila ada keinginan saat ini yang tidak sesuai dengan perintah TUHAN, selayaknya segera disadari dan bertobat karena TUHAN masih memberikan pengampunan, namun jika tidak maka yang adalah adalah penghukuman. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-436:2 Lawanlah Godaan
Tinggalkan yang jahat, dosa dicegah; tindakanmu tulus tiada bercela: jungjung kebenaran, hidup dalam t’rang, harap akan Yesus: pasti kau menang. Mintalah pada Tuhan, agar kau dikuatkan; Ia b’ri pertolongan: pastilah kau menang.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s