KUANTITAS YANG BERKUALITAS


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE 4: 1 Sai puji Debata
Sai puji Debata, dibaen asi rohaNa. Huhut tongtong basa, di nasa tinompaNa. Ria ma hita be mamuji Debata; Ai sesa do nuaeng dosanta i dibaen

PEMBACAAN FIRMAN
Markus 1: 9-15 (Pagi) Kejadian 18: 9-15 (Malam)

RENUNGAN HARIAN, Kamis 18 Januari 2018
Yohanes 6: 68-69
Jawab Simon Petrus kepada-Nya: “Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal; dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah.

KUANTITAS YANG BERKUALITAS
Tuhan Yesus sadar bahwa agar manusia mempercayai diriNya bukanlah suatu yang mudah. Apalagi mempercayai Tuhan Allah dalam bentuk yang tidak kelihatan merupakan suatu yang tidak mudah bagi manusia. Inilah salah satu alasan bahwa Tuhan Allah harus hadir bagi manusia dalam ke-Tritunggalan-Nya, atau dikenal dengan Trinitatis, yaitu Ketritunggalan Allah; Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus. Trinitatis bukan untuk memperdebatkan bahwa Tuhan Allah ada tiga, tetapi Trinitatis atau Ketritunggalan Allah adalah cara Tuhan dan upaya manusia untuk mempercayai Tuhan dan beriman kepada-Nya. Trinitatis dapat dimaknai bahwasanya Tuhan tidak ingin manusia percaya kepada-Nya karena terpaksa, dan asal-asalan, tetapi karena kesungguhan dan komitmen yang kuat.

Nas ini juga mau mengatakan bahwa Tuhan Yesus atau Kekristenan menekankan pada kualitas dan bukan semata-mata pada kuantitas/jumlah/frekuensi. Relasi keluarga di zaman yang serba sibuk dan individualistis ini menekankan kualitas dari pertemuan antarkeluarga meskipun dalam waktu yang singkat dan jarang. Demikian pula halnya dengan pekerjaan. Seseorang bekerja siang malam, hartanya memang melimpah tetapi kualitas hidup/kesehatannya tidak diperhatikan. Akhirnya orang tesebut jatuh sakit, dan harta yang dikumpulkannya habis sekejap untuk pengobatan. Dalam hal bergereja setiap hari Minggu, sangatlah baik bila setiap orang dapat melakukannya setiap hari Minggu. Akan tetapi kualitas ibadah juga penting. Ibadah yang berkualitas apabila jemaat mempersiapkan diri, tidak sibuk dengan urusan lain, dengan WA, dengan medsos, dan sebagainya. Untuk itu pelayan gereja juga harus mempersiapkan diri, menyampaikan kotbahnya dengan baik, sehingga jemaat dapat merasakannya sebagai makanan rohani. Amin.

BERDOA

BERNYANYI – KJ 39: 1 Ku diberi Belas Kasihan
‘Ku diberi belas kasihan, walau tak layak hatiku; tadi ‘ku angkuh, kini heran: Tuhan, besarlah rahmat-Mu! Kidung imanku bergema: rahmat-Mu sungguh mulia, Kidung imanku bergema: rahmat-Mu sungguh mulia!

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI,
Amin, Amin, Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s