KELEBIHAN DAN KEMAMPUAN ADALAH MILIK TUHAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-40: 2 Las be ma rohamuna
Ndang dilului rohaNa dison sonangNa i
Di surgo habangsaNa harajaonNa i
Ai naeng buni dope di tano on sangapNa
Dung tulus pe sangkapNa patar ma i sude

PEMBACAAN FIRMAN
Why. 17.1-8 (Pagi) Mal. 3.16-24 (Malam)

RENUNGAN HARIAN, Rabu 20 Desember 2017
Daniel 2.28a
Tetapi di sorga ada Allah yang menyingkapkan rahasia-rahasia;

KELEBIHAN DAN KEMAMPUAN ADALAH MILIK TUHAN
Daniel mempunyai kemampuan dalam mengartikan mimpi Nebukadnezar. Akhirnya dia mendapatkan pujian dari sang raja. Pujian itu tidak membuat Daniel sombong, justru dia bersaksi bahwa itu adalah pemberian Tuhan.

Manusia ketika diberi kelebihan dan kemampuan yang baik oleh Tuhan apakah berupa harta, kepintaran/keahlian, kecantikan/ketampanan, dan lain sebagainya, mudah menjadi sombong dan lupa diri. Manusia lalu melupakan Tuhan, Sang Pemberi kelebihan dan kemampuan itu. Ketika kita mengalami kesulitan, kita minta bantuan dan pertolongan Tuhan. Lalu kita diberikan jalan untuk keluar dari kesulitan, kita mulai menyombongkan diri dan melupakan Tuhan. Banyak orang yang kaya, pintar, berkuasa, berkelakuan sepertinya dia bersyukur, memuji dan memuliakan Tuhan. Namun sebenarnya pernyataan syukurnya itu hanya sisa-sisanya saja. Manusia takut bahwa hartanya akan berkurang ketika digunakan untuk memberi persembahan kepada gereja atau untuk membantu sesama. Manusia takut kalau orang lain menjadi lebih pintar/ahli dari dirinya bilamana kepintaran/keahliannya ditularkan kepada orang lain.

Tuhan menghargai kerja keras seseorang sehingga bisa menjadi kaya, menjadi pintar atau berkuasa, tetapi bilamana seseorang itu sombong maka Tuhan dapat sewaktu-waktu mengambilnya. Tuhan tidak mengambilnya secara harfiah dari rekening bank atau mengambilnya dari lemari brankas penyimpanan harta, tetapi dalam bentuk lainnya, misalnya dengan sakit penyakit dan penderitaan lainnya yang membuat harta seseorang terkuras habis, sehingga menjadi miskin dan menderita gangguan mental. Bersikaplah seperti Daniel yang dengan kemampuannya tetap berserah diri kepada Tuhan, rendah hati, terus-terang, dan jujur. Daniel mendapat ganjaran berupa harta yang melimpah dan jabatan yang tinggi dari Nebukadnezar dan sang raja juga mengakui serta menyembah Tuhan Allah.

BERDOA

BERNYANYI – KJ-85:1- Kusongsong Bagaimana
Kusongsong bagaimana, ya Yesus, datang-Mu? Engkau Terang buana, Kau Surya hidupku! Kiranya Kau sendiri Penyuluh jalanku, supaya kuyakini tujuan janji-Mu.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s