MIRIS MELIHAT KEFASIKAN MERAJALELA


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-28:1 – Hata ni Jahowa
Hata ni Jahowa sipadame jolma hangoluan i. Halalas ni roha, siapuli roha ni na marsak i. Gogo ni Debatangki, paluahon na porsea sian nasa jea

PEMBACAAN FIRMAN
2 Pet. 1.12-21 (Pagi) Yeh. 13.1-16 (Malam)

RENUNGAN HARIAN, Jumat 03 Nopember 2017
Mazmur 10.1
Mengapa Engkau berdiri jauh-jauh, ya TUHAN, dan menyembunyikan diri-Mu dalam waktu-waktu kesesakan?

MIRIS MELIHAT KEFASIKAN MERAJALELA

Menyaksikan berita-berita di media, mengenai koruptor yang merajalela, dan seolah-olah kebal hukum, hati orang yang jujur terasa teriris-iris. Apakah sia-sia aku hidup jujur, bersih, dan tetap miskin, sedangkan mereka yang korupsi habis-habisan, malah berjaya dan tidak malu memegahkan diri sebagai orang yang bersih?
Perasaan itulah yang terungkap dari Mazmur 10 ini. Bagi Pemazmur, mengapa orang fasik mujur dan dapat menindas orang benar, malah orang benar ditimpa kemalangan. Dengan panjang lebar pemazmur mengeluhkan ketidak-adilan yang merajalela (2-11). Orang fasik dengan sombongnya melakukan berbagai kejahatan tanpa rasa takut akan penghakiman dan pembalasan dari Tuhan. Dalam hal ini Allah seolah-olah tidak memperlihatkan diri dengan memberi perlindungan dan pembebasan dari penindasan dan aniaya. Perasaan Pemazmur yang miris itulah yang menyebabkan seruannya begitu intens kepada Tuhan; Bangkitlah Tuhan, (ay.12) agar Tuhan membela umatnya yang tertindas. Pemazmur yakin bahwa Tuhan juga tidak tahan dengan keangkuhan orang fasik. Tuhan pasti akan menolong mereka yang tertindas dan membasmi tuntas semua kefasikan.

Boleh-boleh saja kita seperti pemazmur berseru mempertanyakan keadilan Tuhan. Namun seruan tersebut harus juga disertai iman, bahkan ucapan bahwa Tuhan memang adil dan keadilannya akan dinyatakan dalam hidup ini, terhadap orang benar pembelaan dan terhadap orang fasik pembalasan. Tetapi juga kita harus siap menjadi alat Tuhan untuk menegakkan keadilan dan kebenaran. Kita harus berperan aktif mendukung pemerintah dalam upaya-upaya revolusi mental seluruh lapisan masyarakat, mulai dari yang tertinggi sampai ke level terendah.

BERDOA

BERNYANYI KJ-345:1 Sertai kami Tuhan
Sertai kami Tuhan dengan anug’rah-Mu
Berilah pertolongan melawan si set’ru
DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s