KOMITMEN ORANG PERCAYA


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-279:1 Pasahat ma Sudena
Pasahat ma sudena na hinolsohonmi. Tu Debata Jahowa, Pardengganbasa i. Ai guru di Ibana do tano dohot laut. Lan pe ditahi jolma, rohaNa do na saut.

PEMBACAAN FIRMAN
Why. 2:12-17 (Pagi)
2 Raja. 18:1-8,28-36 (Malam)

RENUNGAN
Mazmur 55:23 – Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.

KOMITMEN ORANG PERCAYA

Mazmur Daud ini ingin menyampaikan pesan bahwa orang yang percaya dan hidup melayani Tuhan tidak selalu mengalami kemudahan dalam hidupnya. Orang percaya dan pelayan Tuhan juga akan mengalami berbagai cobaan berupa kesusahan, ditipu bahkan terancam keselamatannya. Apalagi ketika ada orang percaya atau pelayan Tuhan yang hidup miskin, mereka akan mendapatkan cemoohan dari orang-orang di sekitarnya. Banyak orang menilai, orang percaya atau orang-orang yang hidup melayani Tuhan berpotensi miskin, karena menghabiskan waktu, menghilangkan kesempatan, menguras tenaga, bahkan mengorbankan harta duniawinya.

Penilaian itu tidak benar dan tidak perlu menggoyahkan sikap orang percaya dan para pelayan Tuhan. Bersikaplah seperti Daud, yang senantiasa melakukan kebaikan. Ketika mengalami berbagai cobaan, ia menyerahkannya kepada Tuhan. Ia yakin Tuhan akan menuntunnya untuk bangkit dan belajar menghindari cobaan itu. Orang-orang percaya dan para pelayan Tuhan yang berkomitmen untuk melayani Tuhan tidak perlu menjadi ragu-ragu akan kesejahteraan hidup duniawinya, tetaplah tekun dan percaya, selebihnya Tuhan yang akan mengatur kehidupannya. Demikian pula, kalau ada orang percaya atau pelayan Tuhan yang hidup berkelimpahan, janganlah pula itu yang menjadi motif seseorang untuk melayani Tuhan. Itu adalah sikap transaksional dengan Tuhan, dan kita akan menyesal dan tetap akan mengalami cobaan bilamana itu yang menjadi motif kita untuk percaya dan melayani Tuhan.

BERDOA

BERNYANYI KJ-445:2 Harap akan Tuhan
Harap akan Tuhan, hai jiwaku! Dia perlindungan dalam susahmu. Walau sendu hatimu remuk, Tuhan mengatasi tiap kemelut.
Ya Tuhan, tolong ‘ku yang lemah: setia-Mu kokoh selamanya!

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI BE-465:1 Pasupasu LehononMu
Pasupasu lehononMu ido bagabagaMi. Songon angka udan nene sai tu au manetek i. Nang tu au, nang tu au, pantektehon i tu au.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s