PERCAYA KARENA BERDOA PADA ALLAH YANG BENAR


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-487 : 1, Tung halak na margogo
Tung halak na margogo sipartangiang i.
Dokdok pe sitaonon ndang olo talu i.
Pos situtu rohana di Debatana i.
Tuhanna manaluhon sude pangalo i.

PEMBACAAN FIRMAN
Pengk. 2:1-11 (Pagi)
1 Kor. 2:1-10 (Malam)

RENUNGAN
Markus 11 : 24 – Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

PERCAYA KARENA BERDOA PADA ALLAH YANG BENAR
Pada umumnya sejak kecil kita telah diajari untuk berdoa kepada Tuhan. Tapi kita tidak tahu apa itu arti doa, kepada siapa kita berdoa dan mengapa kita harus berdoa dengan benar. Tapi setelah kita belajar sidi, seharusnya pertanyaan itu sudah harus bisa dijawab dengan benar. Sekarang yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah perihal percaya atau tidak.

Ketika doa terasa kering, terlebih saat masalah dan penderitaan menimpa kita, entah itu sakit, krisis keuangan dan sebagainya, kita panik, stres, kecewa dan mengeluh kepada Tuhan maka doa dipertanyakan apakah berguna dan mampu memberi dampak.

Dokter sudah memvonis bahwa sakitku tidak bisa disembuhkan. Apa Tuhan sanggup menyembuhkan?” Firman-Nya menyatakan, “Tidak ada yang mustahil bagi orang yang per-caya!” (Mrk. 9:23). Arti percaya di sini adalah penyerahan diri secara total kepada Tuhan. Bagian kita hanya percaya, dan bagian Tuhan adalah melakukan apa yang kita percayai. Iman perlu adanya tindakan yang membuktikan bahwa kita benar-benar percaya pada kuasa Tuhan. Segala sesuatu yang tidak mungkin dan tidak terjangkau oleh akal pikiran manusia, itulah yang Tuhan lakukan atas hidup kita, asal iman kita tidak goyah dan tetap teguh. Meski demikian, pikiran kita selalu terfokus kepada kesembuhan bukan kepada Allah yaitu rencana-Nya yang sulit juga kita mengerti secara manusiawi. Berdoalah kepada Tuhan Allah melalui perantaraan Yesus Kristus Anak Allah, yang kepada-Nya telah diberikan kuasa di bumi dan di sorga.

BERDOA

BERNYANYI KJ-454 : 1, Indahnya saat yang teduh
Indahnya saat yang teduh menghadap tahta Bapaku: kunaikkan doa pada-Nya, sehingga hatiku lega. Di waktu bimbang dan gentar, jiwaku aman dan segar. ‘Ku bebas dari seteru di dalam saat yang teduh.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI BE-36 : 1, Pasupasu hami
Pasupasu hami, o Debatanami. Sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s