JALAN TUHAN ADALAH JALAN DAMAI SEJAHTERA


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-543:1, Buni Bingkas ni Holong
Buni bingkas ni holong ni Tuhanta i di au.
Ditobus dohot mudar i pardosa songon au.
Alai on do na huboto: ditiop Jesus gomos tanganku,
tondingku do diramoti ro di haroroNa i.

PEMBACAAN FIRMAN
1 Tim. 6 : 17-21 (Pagi)
Dan. 4 : 4-18 (Malam)

RENUNGAN
Yeremia 32 : 19 – Besar dalam rancangan-Mu dan agung dalam perbuatan-Mu; mata-Mu terbuka terhadap segala tingkah langkah anak-anak manusia dengan mengganjar setiap orang sesuai dengan tingkah langkahnya dan sesuai dengan buah perbuatannya;

JALAN TUHAN ADALAH JALAN DAMAI SEJAHTERA
“Tiap langkahku, diatur oleh Tuhan. Dan tangan kasih-Nya, memimpinku di tengah badai dunia, menakutkan. Hatiku tetap tenang teduh. Tiap langkahku, ‘Ku tahu yang Tuhan pimpin, Ke tempat tinggi ku dihantar-Nya….” Begitulah penggalan dari syair lagu Tiap Langkahku Diatur oleh Tuhan. Setiap perjalanan anak-anak Tuhan percaya bahwa Tuhan tidak akan pernah meninggalkan mereka. Sebaliknya, bagi orang yang tidak percaya maka mereka memandang bahwa semuanya itu karena usaha mereka semata dan Tuhan itu tidak ada. Atau mereka dengan sadar mengabaikan Tuhan dengan memilih jalan yang bukan merupakan kehendak Tuhan. Firman Tuhan dengan tegas mengatakan bahwa Tuhan akan mengganjar setiap orang sesuai dengan buah perbuatannya.

Besar dalam rancangan-Mu dan agung dalam perbuatan-Mu. Ini membuktikan bahwa pikiran dan rancangan manusia tidak sanggup untuk melihat secara detail apa rancangan dan perbuatan Tuhan pada manusia dan dunia ini. Namun, ketika kita setia di dalam Tuhan, maka pada akhirnya kita mengerti bahwa memang besar rancangan-Nya dan agung perbuatan-Nya. Meski Abram dipanggil Tuhan dari Ur-Kasdim dan dijanjikan sebuah nama besar, keturunan yang banyak dan menjadi berkat, tidak otomatis itu hari Tuhan berjanji maka itu hari Abram menerimanya. Justru di tengah jalan, Abram dan Sarai, menjadi Abraham dan Sarah, dapat mengerti setelah mereka lalui. Setialah di jalan Tuhan dan percayalah damai sejahtera milikmu.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-362:4, Aku Milik-Mu Yesus Tuhanku
Dalam dunia tak seutuhnya kupahami kasih-Mu, sukacita pun barulah lengkap, bila ‘ku di rumah-Mu. Raih daku dan dekatkanlah pada kaki salib-Mu. Raih daku, raih dan dekatkanlah ke sisi-Mu Tuhanku.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-566 : 1 Na Badia
Na badia do Ho, dipuji rohangkon do
Diboto rohangkon do mandok,
badia do Ho

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s