PASRAH KEPADA TUHAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.
BERNYANYI, BE-198:1, Aut Unang Ho
Aut unang Ho jambarhu ale Jesus, aut so mudarMu mangondihon ahu.
Tung na tudia nama au pardosa marhaporusan?

PEMBACAAN FIRMAN
Mat. 18 : 6-9 (Pagi)
Zak. 10 : 1-12 (Malam)

RENUNGAN
2 Samuel 15 : 26 – Tetapi jika Ia berfirman, begini: Aku tidak berkenan kepadamu, maka aku bersedia, biarlah dilakukan-Nya kepadaku apa yang baik di mata-Nya”.

PASRAH KEPADA TUHAN
Daud adalah seorang raja yang sangat dekat dengan Tuhan, namun di tengah perjalanan, tidak jarang dia jatuh bangun dan sering tergoda dengan kesenangan dunia. Ketika Daud jatuh, dia sujud dan kembali memohon pengampunan Tuhan dan Tuhanpun mengampuni sehingga dia bangkit. Dalam nas ini pergumulan Daud amatlah berat ketika Absalom merebut kerajaannya di Yerusalem, sehingga Daud bersama pegawainya terpaksa melarikan diri dari Yerusalem. Bahkan sebagian rakyat, pegawai istana dan penasihatnya menghianatinya dengan berpihak kepada Absalom.

Dalam situasi yang sangat berat dan terancam keselamatannya karena tidak ada lagi yang dapat diandalkan, Daud tidak mau kalah dan putus asa, dia tetap percaya dan berserah kepada kehendak Tuhan. Iman dan pikirannya tetap tertuju kepada Tuhan. Dia menyadari bahwa selama menjadi raja, dia sungguh menyadari banyak melakukan kesalahan, dia sudah jauh dari Tuhan dan dia merasa bahwa Tuhan tidak berkenan lagi kepadanya. Daud berserah dan percaya kepada kehendak Tuhan karena apapun yang akan diperbuat Tuhan baginya, itu pasti rancangan yang terbaik dan terindah.
Pergumulan yang dialami Daud ini juga menggambarkan pergumulan yang kita hadapi saat ini dalam kehidupan kita. Ada yang bergumul mengenai kesehatannya, anaknya, jodohnya, sekolahnya, bisnisnya, saudaranya, orangtuanya, pekerjaannya, ekonominya dan lain sebagainya. Namun bagaimanapun beratnya pergumulan yang kita hadapi janganlah pernah berputus asa dan menjauh dari Tuhan marilah kita tetap beriman, berpegang teguh kepada Tuhan dan berserah kepada kehendak Tuhan sehingga dengan kuasa Tuhan kita boleh melewati dan keluar dari permasalahan yang kita hadapi.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-364:1, Berserah kepada Yesus
Berserah kepada Yesus tubuh, roh dan jiwaku.
Kukasihi kupercaya kuikuti Dia t’rus.
Aku berserah, aku berserah, kepada-Mu Jurus’lamat aku berserah.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI BE-566 : 1 Na Badia
Na badia do Ho, dipuji rohangkon do
Diboto rohangkon do mandok,
badia do Ho

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s