ALLAH MENGERJAKAN SEGALANYA


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-185:3, Holan Sada Debatanta
Diingani Debatanta parluhutan i sude.
Diingani nang rohanta, digomgomi sasude.
Nang hagogoonNa i, ndang marhatudosan i.

PEMBACAAN FIRMAN
2 Raj. 5 : 1-14 (Pagi)
Yak. 4 : 8-17 (Malam)

RENUNGAN
1 Korintus 12 : 6 – Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.

ALLAH MENGERJAKAN SEGALANYA
Setiap orang percaya diberikan karunia yang berbeda dari satu orang kepada orang lain. Karunia Roh inilah yang dipakai setiap orang percaya untuk membanguan Kerajaan Allah di dunia ini. Melalui orang-orang percaya inilah kita bisa saksikan Tuhan bekerja dan menyatakan kuasa-Nya. Paulus menjelaskan bahwa ada rupa-rupa pelayanan tetapi satu Tuhan, juga berbagai perbuatan-perbuatan ajaib tetapi Allah adalah satu, Dialah yang mengerjakan semuanya. Allah melakukan itu semua demi kepentingan bersama sebagaimana kehendak Tuhan dan kemulian-Nya.

Kita adalah anggota-anggota Tubuh Kristus. Setiap anggota saling berhubungan dan tidak bisa berdiri sendiri. Sehingga tercipta sebuah hubungan. Jika di dalam masyarakat tercipta persahabatan. Satu orang tidak bisa disebut dapat melakukan pekerjaan hebat karena pasti ada yang mendukungnya dan membantunya. Setidaknya bukan dirinya langsung tapi alat atau keadaan yang telah dicipta atau dikondisikan oleh orang lain. Jika kita terus melihat jauh ke dalam dengan mempertanyakan darimanakah itu berasal maka kita dapat sebutkan bahwa itu semua berasal dari Tuhan Allah. Apakah tujuan dari mempertanyakan hal itu? Satu agar kita dapat bersyukur kepada Tuhan Allah. Kedua, agar kita tidak berbangga hati bahwa itu semua karena atas usahaku sendiri. Ketiga, kita melihat bahwa semuanya menjadi sebuah ibadah yang memuji dan memuliakan Tuhan. Sebagai contoh: kertas yang kita pakai itu berasal darimana? Pohon. Lalu pohon itu darimana? Dan seterusnya, maka jawaban itu akhirnya merujuk kepada Pencipta. Dengan demikian, setiap orang sebagai anggota Tubuh Kristus, ketika melakukan pekerjaan maka kita harus mengembalikannya kepada Sang Pemilik yaitu Tuhan Allah.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-419 : 1, Yesus Pimpinlah
Yesus pimpinlah, kami slamanya.
Hanya Dikau kami ikut di sepanjang jalan hidup,
tuntun umat-Mu, masuk rumah-Mu.

DOA BAPA KAMI

BERNYANYI, BE-566 : 1 Na Badia
Na badia do Ho, dipuji rohangkon do
Diboto rohangkon do mandok,
badia do Ho

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s