TUHAN MEMPERLENGKAPI PARA GEMBALANYA


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-133:2, Naeng Pujionku Ho Jahowa
Anggiat apiMi ma galak, marlojong tu saluhut bangso i!
Jahowa, sai paborhat halak, na burju manghatahon hataMi.
Sai tatap lambas ni gotilon i, ianggo naposoM otik do i.

PEMBACAAN FIRMAN
1 Raj. 13 : 11-25 (Pagi)
Kol. 3 : 1-11 (Malam)

RENUNGAN
1 Petrus 5 : 10 – Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.

TUHAN MEMPERLENGKAPI PARA GEMBALANYA
Tuhan memanggil setiap hamba-Nya untuk menjadi gembala yang menggembalakan kawanan domba Allah. Tugas seorang gembala memang berat. Dari banyaknya tugas itu, kita dapat mengkelompokkannya ke dalam tiga kategori, yaitu: memberitakan Injil dengan ajaran yang sehat, mempertahankan iman jemaat dan mendisiplinkan mereka. Tantangan yang dihadapi pun begitu banyak, seperti tantangan dari luar, kawanan domba itu sendiri, si Iblis dan diri kita sendiri.

Mereka yang telah lebih dulu bekerja di ladang Tuhan, sebut saja: Abraham, Musa, Daud, Elisa, hingga saat ini saudara dan saya merasakan bahwa Tuhan ternyata memperlengkapi mereka untuk bekerja. Dia memperlengkapi kita dengan berbagai persenjataan rohani (Ef.6:14-20) hingga roh-Nya yang berdiam dalam diri para gembala-Nya. Artinya, Tuhan tidak membiarkan kita dalam pelayanan.

Kita bangga dan senang melihat anak-anak Tuhan mau turut berpartisipasi dalam pelayanan di Gereja seperti menjadi Guru Sekolah Minggu, Pendamping Remaja, Pengurus Naposo, Ama, Ina, Lansia, Pemusik, Song Leader, Tim Doa, Pendidikan, Panitia Pembangunan, Pekabaran Injil dan sebagainya. Tentu dalam melaksanakan tugas itu kita pasti menghadapi penderitaan dan tantangan. Tak selamanya mulus. Firman Tuhan hari ini menguatkan kita bahwa Tuhan tidak meninggalkan kita dalam pelayanan itu, justru Dia memperlengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan. Cara Tuhan beragam mendampingi mereka yang mau ikut dalam panggilan Tuhan. Tapi tak sedikit orang yang merasakan langsung bahwa Tuhan itu dekat dan hadir dalam saat mereka melayani. Percayalah kepada-Nya bahwa Dia tahu penderitaan yang tengah kita alami. Justru dalam penderitaan itu kita tahu Dia Mahakuasa.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-367:1 Pada-Mu Tuhan dan Allahku
Pada-Mu Tuhan dan Allahku, kupersembahkan hidupku: dari-Mu jiwa dan ragaku, hanya dalam-Mu ‘ku teduh. Hatiku yang Engkau pulihkan pada-Mu juga kuberikan.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-566 : 1 Na Badia
Na badia do Ho, dipuji rohangkon do
Diboto rohangkon do mandok,
badia do Ho

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s