CEPAT- LAMBAT-LAMBAT


RENUNGAN
Yakobus 1 : 19 – Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;

CEPAT- LAMBAT-LAMBAT
Saudara, dalam belajar kita membutuhkan kiat (cara) agar cepat menangkap dan mengerti. Begitu pula dalam hal bekerja pada bidang-bidang lainnya. Demikian juga belajar firman Tuhan.
Belajar firman Tuhan, kita perlu menemukan kiat-kiat khusus agar kita mudah memahaminya, melakukannya, dan menikmatinya. Apapun kiat yang kita temukan, pertolongan Roh Kudus merupakan yang pertama dan utama.

Saudara-saudara, ada satu kiat, menurut saya, kita boleh pelajari dari nas hari ini untuk memudahkan kita mengingat, memahami, dan melakukannya. Kiatnya adalah “cepat-lambat-lambat”. Pertama, cepat mendengar: Yakobus mengatakan: “Setiap orang hendaklah cepat mendengar”(girgir mananginangi). Artinya, kita diajak melalui firman ini agar secepat mungkin meyendengkan telinga pada firman Tuhan agar banyak mengetahui kehendak Allah. Kedua, lambat berkata-kata. Lambatlah untuk berkata-kata. Maksud Yakobus, bukan supaya kita diam, tetapi mengajak kita supaya jangan terlalu banyak berteori, berdebat hal-hal yang ‘tak berguna, memberi komentar yang tidak membangun, dan hanya omong, tanpa ada perbuatan. Banyaklah berbuat baik, benar, dan membangun persahabatan dengan semua orang, sedikitlah berteori. Ketiga, lambat marah. Seolah-olah Yakobus ingin mengatakan, boleh marah, tetapi lambatlah, mohon direm, jangan kekencangan marahnya.  Paulus juga berkata begitu, kalau marah, jangan sampai berdosa, dan pastikan amarah sudah harus selesai sebelum matahari terbenam. Sepertinya, sikap marah tidak bisa hilang, tapi peluang untuk itu perlu diperlambat, direm, supaya jangan menimbulkan dosa, apakah di rumah, kantor, gereja, parsahutaon, sermon, rapat, dll. Marilah merenungkan dan melakukan ketiga sikap di atas dengan pertolongan Roh Kudus, agar kita dimampukan mempraktikkannya dalam hidup sehari-hari. Amin!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s