Kebenaran dan kesetiaan


RENUNGAN
1 Samuel 26 : 23 – Tuhan akan membalas kebenaran dan kesetiaan setiap orang, sebab Tuhan menyerahkan engkau pada hari ini ke dalam tanganku, tetapi aku tidak mau menjamah orang yang diurapi Tuhan.

KEBENARAN DAN KESETIAAN

Kebenaran dan kesetiaan. Dua kata yang semakin sulit kita temukan pada masyarakat belakangan ini. Kita semakin sering mendengar yang palsu-palsu: beras palsu, madu palsu, pupuk palsu, ijazah palsu, dan sebagainya. Reaksi masyarakat sepertinya biasa saja. Mungkin sudah terbiasa dengan kepalsuan. Di media sosial pun banyak yang palsu. Foto yang dipajang tak selalu menggambarkan realitas. Senyum dan tawa di sana belum tentu mewakili isi hati. Banyak kasus penipuan bermula dari media sosial. Menyatakan/mengatakan yang benar pun sering jadi batu sandungan. Akibatnya, kita memilih diam daripada membuat orang lain tersinggung atas kebenaran yang kita ungkap. Ini tentu tidak benar. Diam terhadap hal yang tidak benar bukanlah sebuah kebaikan, justru sebaliknya. Di gereja pun banyak kepalsuan. Gedung gereja yang besar, indah, lengkap dengan AC, tak serta merta membuat umatnya memiliki hati yang damai. Konflik sering terjadi, ada yang memaki, saling menyakiti hati. 

Kebenaran dan kesetiaan itu sepasang kekasih. Mereka selalu bersama. Mereka tak terpisahkan. Sebagai orang Kristen, kita mestinya hidup dalam kebenaran terus-menerus, kita harus setia pada kebenaran. Orang yang setia dalam kebenaran mungkin saja tak disukai kawan-kawannya. Tapi kita jangan menyerah. Yesus sendiri setia dalam kebenaran bahkan harus kehilangan nyawa demi kebenaran. Para nabi setia mempertahankan kebenaran sampai berkorban jiwa dan raganya. Allah akan membalas kebenaran dan kesetiaan setiap orang. Allah tidak tidur. Kapan dan bagaimana cara Tuhan membalas orang benar dan setia itu urusan Tuhan. Tugas kita adalah hidup dalam kebenaran dengan setia. Allah selalu bekerja dengan cara yang tak terduga dan kita harus selalu setia mengerjakan kebenaran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s