Allah yang menyembuhkan


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-224:3, Jalo Tanganku
Ajari au, urmun dope huida, maol huantusi pambaenMi sude.
Dung pe ro songgop Tondi Parbadia, tangkas huida sasude ture.

PEMBACAAN FIRMAN
Yoh. 7 : 1-9 (Pagi)
Yer. 16 : 14-21 (Malam)

RENUNGAN
2 Raja-raja 5 : 17 – Akhirnya berkatalah Naaman: Jikalau demikian, biarlah diberi-kan kepada hambamu ini tanah sebanyak muatan sepasang bagal, sebab hambamu ini tidak lagi akan mempersembahkan korban bakaran atau korban sembelihan kepada allah lain kecuali kepada Tuhan.

ALLAH YANG MENYEMBUHKAN

Naaman berarti: “Menyenangkan, sedap.” Dia seorang Panglima raja Aram yang terpandang dan sangat disayangi tuannya. Dia menderita penyakit kusta. Di Israel, orang yang menderita kusta akan dibuang, disingkirkan dari masyarakat (Im. 13:14).

Tetapi di Siria, penyakit demikian tidak menghalanginya memegang jabatan tinggi. Melalui seorang perempuan Israel yang ditawan dan menjadi pelayan dari istri Naaman berkata agar Naaman pergi ke Samaria menghadap Elisa. Hal itu ditanggapi dan memberitahukan kepada raja dan raja menyuruh pergi dengan membawa surat kepada raja Israel. Naaman pergi dengan membawa persembahan talenta dan pakaian. Elisa yang mendengar raja mengoyakkan bajunya, memberi pesan kepada raja agar Naaman dikirim kepadanya, agar dia tahu ada seorang nabi di Israel.

Kendati sambutan Elisa tidak begitu menyenangkan hati Naaman yang hanya menyampaikan pesan melalui suruhan tanpa menjumpai Naaman untuk pergi mandi 7 kali ke sungai Yordan agar tubuhnya pulih kembali. Dengan gusar dan panas hati Naaman pergi dan membandingkan sungai Abana dan Parpar jauh lebih baik, bersih dari Yordan, terlebih daerah Yordan adalah lembah yang paling rendah. Apakah Naaman mau merendahkan dirinya dengan turun ke Yordan? Awalnya sangat berat, tetapi saran dari pegawainya (ay. 13) membuat Naaman turun dan membenamkan dirinya 7 kali, mujizat pun terjadi dengan sembuhnya Naaman dari kusta seperti tubuh seorang anak. Naaman tidak lupa kepada abdi Allah dan mengakui: “Sekarang aku tahu, bahwa di seluruh bumi, tidak ada Allah kecuali di Israel.” Persembahan diserahkan, tetapi Elisa tidak mau menerima apa-apa, karena Allah yang menyembuhkan. Akhirnya Naaman meminta tanah sebanyak muatan sepasang bagal (peranakan kuda dengan keledai. Bagal sangat berharga, sebab dipadu kekuatan kuda dengan ketahanan, keteguhan langkah keledai). Berjanji tidak akan menyampaikan persembahan kepada allah lain kecuali kepada Allah yang benar (Kel. 20:24).

BERDOA

BERNYANYI, KJ-402:4 Kuperlukan Jurus’lamat
Kuperlukan Jurus`lamat agar `ku dibimbingNya.
Melintasi arus Yordan ke Neg`ri bahagia.
Maka jiwaku tenang, tak kan takut dan enggan;
bila Tuhanku membimbing, `ku di malam pun tent`ram.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-566 : 1 Na Badia
Na badia do Ho, dipuji rohangkon do. Diboto rohangkon do mandok,
badia do Ho

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s