Percaya walau tidak melihat


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-74 : 2, Sai marlasni roha hita
Tuhan Jesus do Rajanta na manggomgom sasude, Niramotan ni tangan-Na do luhut parhosa pe. Molo lao hata-Na i ndang tarbaen so saut be i. Sai na tulus do nidok-Na di saluhut manisia.

PEMBACAAN FIRMAN
Kel. 15 : 6-11 (Pagi)
Yoh. 7 : 37-39 (Malam)

RENUNGAN
1 Petrus 1 : 8-9 – Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihi-Nya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihat-Nya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia yang tidak terkatakan, karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.

PERCAYA WALAU TIDAK MELIHAT

Tomas mengandalkan penglihatannya dengan meragukan perkataan murid-murid bahwa mereka telah melihat Yesus dengan menampakkan diri ke tengah-tengah mereka. Dia tidak percaya sebelum dia melihat bekas luka-luka Yesus (Yoh. 20:25). Kemudian, Yesus menunjukkan luka-luka itu kepada Tomas. Yesus berkata: “Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya” (Yoh. 20:29), termasuk kita pada zaman sekarang ini.

Dalam menapaki perjalanan hidup sehari-hari, tentu kita tidak lepas dari kesulitan, kesusahan, penderitaan bahkan berputus asa. Tidak tahu mencari jalan keluar. Sering kita mengandalkan kekuatan dan kemampuan sendiri, meragukan penyertaan serta pertolongan Tuhan. Melalui nas hari ini, Petrus memberi peringatan kepada kita bahwa sekalipun kita tidak melihat-Nya secara fisik namun percaya bahwa Tuhan selalu menyertai, dan ini semua didasari iman dan percaya. Bukan hanya di dunia ini saja penyertaan Tuhan dirasakan oleh umat percaya, bahkan anugerah keselamatan kekal telah diberikan Yesus Kristus melalui pengorbanan-Nya di kayu salib. Iman percaya menjadi sangat penting dan dibutuhkan dalam segala hal. Bersukacitalah mereka yang tetap percaya kepada Tuhan meskipun tidak melihat. Iman seperti inilah yang membuat kita selalu bersukacita! Kita mempercayai penyertaan dan pertolongan Tuhan bukan karena melihat tetapi karena beriman kepada-Nya. Amin.

BERDOA

BERNYANYI, NKB-197 : 4, Besarlah untungku
Sekarang hidupku sungguh mulia benar, di dalam kasih-Nya ‘ku selalu bergemar. Janji-Nya kudengar kar’na Yesus milikku. “Kusambut datangmu dalam rumah Bapa-Ku”. Benar, benar, besarlah untungku. Benar, benar, besarlah untungku.
Benar, benar, besarlah untungku. Ketika Yesus sungguhlah tetap milikku.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-826 : 2, Gohi au Tuhan
Gohi au Tuhan marhite HataMi, Gohi au Tuhan marhite HataMi
Na mauas do tondingku, O Tuhan di HataMi. Gohi au Tuhan marhite HataMi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s