Takut akan Tuhan


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-232 : 2, Jesus Urupi
Naeng ho pistar? Sai dapothon Tuhanmu, nasa na hurang sai boan tusi. Tu pamodaiNa paunduk rohamu, asa tiur sasude bogasmi.
Tangkup Tuhanmu tung tiop hataNa, sai pangasahon ma bagabagaNa.

PEMBACAAN FIRMAN
Mark. 4 : 30-32 (Pagi)
Ul. 6 : 1-9 (Malam)

RENUNGAN
Amsal 1 : 7 – Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

TAKUT AKAN TUHAN

Hidup pada zaman ini, apakah manusia masih merasakan takut akan Tuhan atau takut akan manusia, dunia dan soal kehidupan sehari-hari? Takut akan dunia, manusia dan kehidupan sehari-hari, tentu memiliki pengetahuan, hikmat akan dunia ini dan menghinakan pengetahuan, hikmat dan didikan yang dari Allah. Tepat pada hari ini kita memperingati “Hari Pendidikan Nasional.”

Pemerintah dengan segala daya dan upaya ingin mencerdaskan seluruh generasi anak bangsa dan masyarakat lewat lembaga pendidikan, kursus, pelatihan dan lain sebagainya. Segala daya dan upaya yang diperbuat, tentu akan sia-sia apabila tidak memiliki rasa “Takut akan Tuhan.” Siapakah yang memiliki pengetahuan, hikmat, dan didikan? Dan siapa pula yang menghinakan hikmat dan didikan?

Orang-orang yang takut akan Tuhan adalah orang-orang yang berhikmat. Ada pun tujuan Amsal ini adalah: “Untuk mengetahui hikmat, didikan, mengerti kata-kata yang benar, adil dan jujur. Memberikan kecerdasan bagi yang tak berpengalaman, kebijaksanaan bagi orang muda. Segala sesuatunya akan diperoleh apabila benar-benar “Takut akan Tuhan.” Caranya dengan berpegang pada ketetapan, perintah, beribadah, berjalan di jalan yang ditunjukkan Tuhan, dan mengasihi-Nya. “Tuhan bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka” (Maz. 25:14). Kristus yang disalibkan dianggap sebagai sebuah kebodohan oleh dunia ini, justri itu adalah kekuatan bagi Allah. Itulah hikmat Tuhan yang berbeda dari hikmat dunia ini (I Korintus 1:18, 23-25). Jangan pernah hidup kita untuk meninggalkan Yesus karena Dialah hikmat sejati. Hidup-Nya dan pengajaran-Nya penuh dengan hikmat. Terimalah dan percayalah kepada Yesus.Tetapi mereka yang menolak percaya kepada-Nya, sesungguhnya mereka adalah orang yang bodoh (Yak. 3:13-18).

BERDOA

BERNYANYI, PKJ-280 : 1, Takut akan Tuhan
Takut akan Tuhan, yaitu permulaan pengetahuan.
Tapi orang bodoh, selalu menghina hikmat dan didikan. Baiklah orang bijak belajar dan menambah ilmu yang arif agar beroleh pengertian yang bijaksana.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-826 : 2, Gohi au Tuhan
Gohi au Tuhan marhite HataMi, Gohi au Tuhan marhite HataMi
Na mauas do tondingku, O Tuhan di HataMi. Gohi au Tuhan marhite HataMi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s