Mari mengaku dosa


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-407 : 1, Panotnoti ma silang
Panotnoti ma silang ni Tuhanta i, na mamorsan sude dosami. Sai tinggangkon sude arsak ni rohami, pasesahon sude dosami. So, jo, bereng i! Panotnoti ma silang ni Tuhanta i, ngolumi, ngolungki sian i.

PEMBACAAN FIRMAN
Yoh. 12 : 1-11 (Pagi)
Hab. 3 : 7-13 (Malam)

RENUNGAN
Hakim-hakim 10 : 10 – Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN, katanya: “Kami telah berbuat dosa terhadap Engkau, sebab kami telah meninggalkan Allah kami lalu beribadah kepada para Baal”.

MARI MENGAKU DOSA

Permasalahan terbesar yang dihadapi manusia adalah dosa. Dosa adalah pabrik atau sumber penderitaan yang dialami manusia di dunia ini. Kekacauan dunia yang mengakibatkan penderitaan, kemiskinan, kesengsaraan manusia di seluruh dunia adalah juga akibat dosa.

Misi Tuhan Yesus datang ke dunia ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan dosa. Dia datang membawa pengampunan dosa bagi orang-orang yang mau datang dan percaya kepada-Nya. Akibat dosa adalah kematian, dan kematian akibat dosa itulah yang ditaklukkan Yesus melalui kematian dan kebangkitan-Nya. Di dalam Yesus sudah tersedia pengampunan dosa. Persoalannya adalah: apakah kita mau mengaku dosa dan memohon pengampunan-Nya. Mengenai hal itulah yang kita temukan dalam pemberitaan firman yang tertulis dalam nas hari ini dimana orang Israel yang telah berbuat dosa.

Kita semua adalah manusia-manusia yang berdosa yang sering melakukan kesalahan di hadapan Tuhan dan di hadapan sesama. Dosa dan kesalahan tidaklah baik kalau disembunyikan sebab tidak ada yang tersembunyi di hadapan Tuhan. Sebaliknya dosa dan kesalahan harus segera dibereskan. Dosa dapat dibereskan dengan datang menghadap Tuhan mengaku segala dosa dan kesalahan kita serta memohon pengampunan-Nya. Apakah kita sudah menyadari dan mengaku bahwa kita adalah manusia berdosa? Jika sudah akuilah segala dosa dan kesalahan di hadapan Tuhan dan mohonlah pengampuna-Nya. Jangan pernah merasa malu mengaku dosa sebab hanya orang yang mengaku dosa yang akan diampuni. Mari periksa diri kita; adakah dosa yang telah lama kita simpan dan belum diakui di hadapan Tuhan? Bila ada, mari segera mengaku dosa kepada-Nya. Juga meminta maaf kepada orang yang kita lukai. Dia akan membuang beban di hati kita! Amin.

BERDOA

BERNYANYI, KJ- 300:1 Andaikan Yesus Kau bukan Milikku
Andaikan, Yesus, Kau bukan milikku dan tak Kaub’rikan darah-Mu bagiku, ke mana aku mohon pengampunan dan perlindungan?

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-826 : 2, Gohi au Tuhan
Gohi au Tuhan marhite HataMi, Gohi au Tuhan marhite HataMi
Na mauas do tondingku, O Tuhan di HataMi. Gohi au Tuhan marhite HataMi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s