Mengucap syukur dan beribadah kepada Tuhan dengan hormat dan takut


Ibrani 12:18-29
Simul Iustus et peccator (setiap orang dibenarkan dan sekaligus orang berdosa) dijelaskan Marthin Luther bahwa setiap orang adalah orang yang benar dan sekaligus orang yang berdosa. Setiap orang yang datang beribadah ke Gereja adalah orang-orang berdosa yang menerima pembenaran dari Tuhan Allah dengan pengudusan yang diberikan Tuhan Allah. Kalau dari keberadaan kita sendiri sesungguhnya tidak seorang pun yang layak berjumpa dengan Allah karena keberdosaannya, tapi kita dilayakkan oleh kemurahanNya.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita terhadap pribadi Allah yang kudus, kuasa, agung dan mulia. Pada ayat 22 disebutkan bahwa kita datang ke Bukit Sion, sekarang ini dapat diterjemahkan yaitu Gereja, tempat Allah berkumpul bersama para malaikat dan orang-orang yang namanya terdaftar di surga untuk memuliakan nama Tuhan. Oleh karena itu ajakan Tuhan yang diberikan kepada setiap orang agar datang beribadah kepada-Nya merupakan suatu undangan yang sangat berharga. Kalau dari keberadaan kita, tak seorang pun layak datang kepadaNya. Karena kita akan hangus terbakar karena kekudusan-Nya. Tapi Dia senantiasa mengundang kita untuk beribadah kepada-Nya. Inilah sukacita kita di Minggu Letare ini yang mengundang dan melayakkan kita berjumpa dengan Allah.

Saudara, firman ini mengajak kita agar mau datang kehadirat Tuhan dengan kerinduan dan sukacita karena Dia mau melayakkan dan menguduskan kita. Setiap orang hendaknya benar-benar mempersiapkan hati dan diri dengan penuh ungkapan syukur berjumpa dengan Allah. Setiap orang yang bertugas dan melayani di meja kudus-Nya hendaknya bersyukur dan sungguh-sungguh. Akhirnya setiap orang yang hadir dalam persekutuan memuji Tuhan hendak-Nya sadar bahwa itu semua karena anugerah dan Dia sajalah yang dimuliakan. Amin
Pdt. Kristopurus Nababan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s