Kasih Karunia


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-754 : 1, Gok las ni roha do au
Gok las ni roha do au di ngolungkon, di ngolungkon di ngolungkon.
Gok las ni roha do au dingolungkon, tongtong di rohangkon.
Mauliate, gok las ni roha, maringan holongMi Tuhan di au.
Mauliate, gok las ni roha, maringan holongMi Tuhan di au.

PEMBACAAN FIRMAN
Ef. 1 : 7-14 (Pagi)
Dan. 12 : 5-13 (Malam)

RENUNGAN
Keluaran 34 : 9 ā€“ Serta berkata: “Jika aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, ya Tuhan, berjalanlah kiranya Tuhan di tengah-tengah kami; sekalipun bangsa ini suatu bangsa yang tegar tengkuk, tetapi ampunilah kesalahan dan dosa kami; ambillah kami menjadi milik-Mu”.

KASIH KARUNIA

Menjadi seorang Kristen adalah suatu Kasih Karunia yang luar biasa. Bukan manusia yang mencari Tuhan, tetapi Tuhanlah yang mencari manusia, termasuk diri kita sendiri. Tidak seorangpun manusia dapat mengatakan bahwa atas usahanya berbuat baik, berderma, dan buah-buah roh lainnya maka dia dapat mengenal Tuhan.

Saya teringat waktu kejadian Tsunami di Aceh 10 tahun yang lalu, tepatnya pada saat perayaan Natal. Dalam kondisi yang luluh lantak dan banyak korban berjatuhan, berbagai negara di dunia termasuk pemerintah, datang membawa ban-tuannya, bahkan Amerika mengirimkan kapal induknya untuk membawa bantuan. Bantuan mereka bukan hanya saat bencana terjadi, tetapi pasca Tsunami yaitu pada tahap proses pemulihan, hingga sekarang Aceh menjadi kota yang indah dan bersih. Adakah bantuan itu datang karena kebaikan orang Aceh? Sama sekali tidak. Berbagai negara datang memberikan membantu memang ada yang didasari oleh kemanusiaan maupun keagamaan. Aceh mendapat karunia atau bantuan oleh dasar kemanusiaan dan kerohanian bangsa lain. Demikian juga Tuhan menolong dan menyelamatkan manusia karena memang itulah sifat Tuhan yang selalu setia memberkati manuasia ciptaan-Nya walaupun manusia tidak setia (2 Tim. 2:13). Apa akibatnya bila Aceh menolak menerima bantuan? Mereka akan mengalami kesulitan untuk bangkit kembali. Mereka tidak mempunyai sumber daya apa-apa lagi untuk membiayai pembangunannya. Oleh kasih karunia-Nya, Tuhan telah menyelamat-kan kita dengan beroleh hidup yang kekal dan tidak hanya berhenti di sana Dia juga ingin member-kati kita dengan limpahnya.

Saudara, inilah yang perlu kita renungkan, apakah kita membiarkan Kasih Tuhan berjalan menuntun hidup kita, ataukah kita ingin berjalan sendiri dengan pikiran-pikiran dan rencana kita? Jangan biarkan dosa, ketegar-tengkukan kita menghalangi dan menyesatkan kita dari kasih karunia Allah sehingga kita berjalan seorang diri.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-410 : 1, Tenanglah kini hatiku
Tenanglah kini hatiku: Tuhan memimpin langkahku.
Di tiap saat dan kerja, tetap kurasa tanganNya.
Tuhan lah yang membimbingku; tanganku dipegang teguh.
Hatiku berserah penuh; tanganku dipegang teguh.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-826:2, Gohi au Tuhan
Gohi au Tuhan marhite HataMi ] 2x
Na mauas do tondingku, O Tuhan di HataMi. Gohi au Tuhan marhite HataMi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s