Gembalakanlah domba-dombaKu


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE- 758 : 1, Jahowa Pangurupi
Jahowa pangurupi di si ulaonmi. Dilehon pos ni roha di ganup tingki i. Nang pe sipata ganggu haporseaonmi. Jamot tongtong Tuhanmu manjaga ngolumi.

PEMBACAAN FIRMAN
Mrk. 11 : 15-19 (Pagi)
Esra 6 : 1-16 (Malam)

RENUNGAN
Yehezkiel 34 : 16 – Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya.

GEMBALAKANLAH DOMBA-DOMBAKU

Nas ini merupakan kritikan Allah melalui hamba-Nya Yehezkiel terhadap pemimpin yang tidak berpihak pada umat. Allah punya misi yang sangat besar yang digenapi dalam Yesus Kristus, yaitu misi untuk menyelamatkan umat manusia, karena Allah menghendaki agar semua umat manusia selamat.

Setiap umat yang telah diselamatkan mempunyai tanggung jawab besar untuk menggembalakan dan membawa jiwa-jiwa tersesat kembali kepada Allah agar mereka selamat (Mat. :15; Yeh. 33:7-9). Oleh karena itu, seorang gembala harus memiliki integritas, kecerdasan, pengalaman, pengetahuan, kebijaksanaan, dipercaya, tegas, berwibawa, disiplin, sekaligus mampu meyakinkan orang lain ke tempat air yang tenang dan padang yang berumput hijau.

Ada lima keterampilan yang harus kita miliki dalam melakukan tugas dan tanggung jawab besar sebagai seorang gembala, yaitu: keterampilan mata jasmani dan rohani untuk melihat jiwa-jiwa yang terhilang dan teraniaya. Keterampilan telinga untuk mendengar jeritan orang-orang lemah, miskin dan tertindas. Orang yang menutup telinganya bagi jeritan orang lemah, tidak akan menerima jawaban pada saat ia berseru-seru (Ams. 21:13). Keterampilan kaki untuk melangkah, mencari, membawa pulang jiwa-jiwa yang terhilang dan tersesat kepada Allah (Yes. 6:8). Keterampilan tangan untuk marangkul, menjangkau, menolong jiwa-jiwa yang tersesat agar mereka selamat. Keterampilan lidah menghibur, mengajar dan menguatkan orang (Yes. 50:4). Jadilah teladan dalam segala hal, baik dalam perkataan dan perbuatan, dan lakukanlah tugas dan panggilanmu dengan menghibur, menguatkan, mengingatkan, dan menuntun orang-orang tersesat untuk mengenal kasih karunia Allah. Amin.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-415 : 1, Gembala baik bersuling nan merdu
Gembala baik, bersuling nan merdu, membimbing aku pada air tenang,
dan membaringkan aku berteduh di padang rumput hijau berkenan.
O Gembalaku itu Tuhanku, membuat aku tent’ram hening.
Mengalir dalam sungai kasihku kuasa damai cerlang, bening.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-826 : 2, Gohi au Tuhan
Gohi au Tuhan marhite HataMi, Gohi au Tuhan marhite HataMi,
Na mauas do tondingku,
O Tuhan di HataMi.
Gohi au Tuhan marhite HataMi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s