Roh Allah memerdekakan


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-461:1 Songgop tu hami
Songgop tu hami na di joloMon, o Tondi ni Debatangki. Uhir patikMu tu rohangkinon, o Tondi ni Debatangki. Bereng siholhu di haroroMi, molo Ho ro nda hisar tondingki. Didihon ma tu au on apiMi, o Tondi ni Debatangki.

PEMBACAAN FIRMAN, Yer. 20:7-13

2 Korintus 3:17
Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.

Roh Allah memerdekakan

Penyebutan Roh Allah pertama kali di Alkitab terdapat di Kej 1:2 “Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air”. Saat Allah menciptakan manusia, Allah menghembuskan Roh-Nya maka manusia itu hidup. Kejatuhan Adam dan Hawa ke dalam dosa adalah pemberontakan kepada Roh Allah yang merusak gambar dan rupa Allah di dalam diri manusia.

Akibatnya adalah manusia terpisah dari Allah dan diusir dari taman Eden. Kita bersyukur bahwa Allah bertanggung jawab dan berinisiatip untuk memulihkan hubungan yang sudah rusak ini melalui pribadi Kristus Yesus. Allah sudah dan akan melakukan semua ini supaya manusia kembali kepada rancangan semula yaitu: menurut gambar dan rupa Allah dan menyaksikan perbuatan Allah. Karena itu, Allah memperlengkapi kita dengan Roh-Nya sebagaimana tertulis di Kis 1:8 “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku ….”.

Nas hari ini akan menguatkan iman dan pemahaman kita : 1. Hanya dengan kehadiran dan pimpinan Roh Allah, manusia dapat mengakui Allah Bapa dan melakukan kehendak-Nya. 2. Hanya dengan kehadiran dan pimpinan Roh Allah, roh manusia mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia (1 Yoh 4 : 2). Hal ini tidak akan dapat dilakukan manusia dengan pikiran dan akan budinya. 3. Hanya dengan kehadiran dan pimpinan Roh Allah, manusia mememiliki kemerdekaan untuk melakukan kehendak Allah dan pada saat yang sama kemerdekaan dari hukum dosa dan maut. Rom 8 : 2 “ Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut”. Karena itu, mari kita menyambut dan menyembah Allah di dalam roh dan kebenaran. Amin.

BERDOA

BERNYANYI : KJ-235:4 Kudengar Berkat-Mu turun
Mampirlah, ya Roh perkasa, t’rangi mata hatiku; sabda Kristus b’ri berkuasa,
dalam diri hamba-Mu. Aku pun, aku pun, ya terangi aku pun!

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI : BE No. 20:5 ‘Paian ma di hami’
On pe, O Tuhannami tumpahi HataMi. Masuk tu rohanami paian ma disi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s