Belajar untuk Bersyukur


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-806:1 Aha pe masa di ngolumon
Aha pe masa di ngolumon Tuhan manjaga ho,
holongNa do mangondihon ho Tuhan manjaga ho
Tuhan manjaga ho las pe roham marsak pe ho, sai diramoti ho Tuhan manjaga ho.

PEMBACAAN FIRMAN, Ams. 22:1-9

Mazmur 138:2
Aku hendak sujud ke arah baitMu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasihMu dan oleh karena setiaMu; sebab Kaubuat nama-Mu dan janjiMu melebihi segala sesuatu.

Belajar untuk Bersyukur

Tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang kehidupannya selalu lancar. Pasti mereka pernah menghadapi kesusahan. Namun kita perlu mengingat, bahwa sukacita itu juga hadir, tidak melulu dukacita. Mazmur 138 ini mengajak kita untuk hidup dalam sukacita. Jika dalam pasal 137 diajak untuk meratap yang benar di dalam Tuhan, maka pasal ini (138), adalah ajakan yang diarahkan untuk bersukacita dan bersyukur dengan benar di hadapan Tuhan.
Rasa syukur selalu diidentikkan dengan keberhasilan manusia dan meratap dengan penderitaan. Ketika bersukacita ia akan bersyukur. Namun Mazmur mengajak kita untuk juga mengucap syukur jika keberhasilan itu bukan pada diri kita dan tidak meratap saja. Mungkin hal inilah yang diutarakan dalam 1 Tesalonika 5:18 yang berkata: “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu”.

Rasa-rasanya agak sulit untuk mengucapkan syukur kepada Allah, jika keuntungan itu bukan menjadi milik kita. Misalkan ada orang yang terlepas dari beban dunia, lalu kita mengucap syukur kepada Allah karena orang tersebut terlepas. Namun jauh lebih mudah jika kita yang terlepas dan kita juga yang mengucap syukur. Terlebih nas saat ini, di mana kita diajak untuk mengucap syukur, karena Nama Allah ditinggikan di seluruh bumi, bukankah kita akan mengatakan “yah… memang layak demikian”. Tetapi sedikitpun kita mungkin tidak tergugah untuk ikut serta dalam ucapan syukur kepada-Nya. Kita harus menyadari, baik suka maupun duka yang ada dalam kehidupan kita, semua itu adalah rencana yang diberikan Allah agar Nama-Nya tetap dipermuliakan oleh dunia ini. Maka, apapun situasi yang ada dalam kehidupan kita, ucapan syukur adalah hal yang terbaik untuk kita lakukan. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ. No. 299:1 Bersyukur kepada Tuhan
Bersyukur kepada Tuhan, bersyukur kepada Tuhan sebab Ia baik.
Bersyukur kepada Tuhan.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI : BE. No. 20:5 ‘Paian ma di hami’
On pe, O Tuhannami tumpahi HataMi. Masuk tu rohanami paian ma disi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s