Hidup karena percaya


2 Timotius 1:12
Itulah sebabnya aku menderita semuanya ini, tetapi aku tidak malu; karena aku tahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin bahwa Dia berkuasa memeliharakan apa yang telah dipercayakan-Nya kepadaku hingga pada hari Tuhan.

PANGGILAN BERIBADAH:
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE. 435:1 Marolopolop Tondingki
Marolopolop tondingki ai naung ditobus Jesus i. Hamu sude, bege ma i, sai las ro hangku mandok i.
Sonangni tingki i, dung jumpang Jesus Tuhanki! TondiNa mangajari au, tarbaen marlas ni roha au!
Sonangni tingki i, dung jumpang Jesus Tuhanki.

PEMBACAAN FIRMAN : Daniel 5:13-30

HIDUP KARENA PERCAYA

Begitu sering kita mendengar hamba Tuhan mengingatkan bahwa hidup kita hanya karena Kasih Karunia (Sola Gratia) dimana kita percaya dan beriman teguh kepada janji-janji Tuhan, bukan karena melihat kuasa yang nampak secara fisik. Dalam prakteknya kita sering tergoda melihat bukti terlebih dulu dan kemudian baru percaya. Secara lahiriah hal ini logis,Namun konsekuensinya kita mudah mengalami ketakutan dan kekuatiran apalagi ketika badai permasalahan menerpa.
Dalam suratnya ini Rasul Paulus hendak memberi semangat dan motivasi kita agar terus ber-Iman dan berpengharapan hanya kepada Tuhan dan berjuang sekalipun hidup kita tertekan karena Injil, dan harus dipermalukan dan menanggung penderitaan. “Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.” (2 Timotius 1:7).

Renungan hari ini kembali mengingatkan kita tentang dasar pengharapan kita bahwa;“Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.”(Ibrani 11:1).Kita wajib membaca dan mendengar Firman Tuhan sebagai sumber pengajaran, namun apakah dalam bergumul menerima dan melakukan Firman Tuhan masih dipilah-pilah dulu; mana yang masuk akal itulah yang dilakukan, bagian yang tidak menguntungkan secara logika lalu diabaikan dan semua bermuara pada ke aku-an diri sendiri.

Iman adalah pemahaman yang benar tentang sebesar apa Tuhan kita andalkan memimpin dalam setiap aktifitas hidup kita sebab hidup kita ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat.Mulailah hari ini dengan tidak mengandalkan pengertian sendiri, jauhilah kejahatan dan perbuatlah kebajikan. Percayalah seutuhnya kepada Allah sebab Allah berkuasa menjaga dan memelihara segala hal yang dipercayakanNya dalam kehidupan kita. Amin

BERDOA

BERNYANYI KJ. 438:2 APAP PUN JUGA MENIMPAMU
Bila menanggung beban berat, Tuhan menjagamu. Masa depanmu kelam pekat? Tuhan
menjagamu.. Tuhan menjagamu waktu tenang atau tegang. Ia menjagamu, Tuhan menjagamu.

DOA BAPA KAMI
Menyanyikan BE. 36:1 Pasupasu Hami
Pasupasu hami O Debatanami, sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s