Doa seorang pemberita injil


Efesus 3:17
Sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih

PANGGILAN BERIBADAH:
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI KJ. 305:2 ‘KU MENGASIHI YESUS, TUHANKU
‘Ku mengasihi Yesus, Penebus: olehNya taurat tak mengutuk lagi
Lunaslah sudah utang yang ditagih; dosa dihapus darah Yang Kudus.

PEMBACAAN FIRMAN : Yehezkiel 42:1-20

DOA SEORANG PEMBERITA INJIL

Bagi Paulus memberitakan Injil berjalan seiring dengan sikap berdoa. Doa merupakan sumber kekuatan dalam memberitakan Injil dan untuk penerima Injil. Dalam perikop ini Rasul Paulus berdoa agar Allah menguatkan jemaat. Manusia akan kuat bila Kristus tinggal di dalam dirinya, batinnya.
Sebab di dalam batinnya, manusia memiliki akal budi yang mampu membedakan yang baik dan yang jahat dengan kemauan untuk melakukan yang baik sehingga mereka menjadi orang yang berhikmat. Karena itu Paulus mendoakan agar orang percaya semakin dalam memiliki relasi dengan Kristus melalui Roh Kudus. Dengan relasi ini, orang percaya akan semakin berakar dan berdasar dalam kasih. Paulus memakai metafora tumbuhan (akar) dan bangunan (fondasi).

Pengetahuan yang benar akan Kristus menjadikan orang percaya berakar dan berdasar di dalam kasih. Sehingga dengan makin mengenal kasih Kristus dan semakin mempraktekkan kasih Kristus, maka kasih itu semakin bertumbuh dan kokoh, dikenal dan dihayati oleh semua umat. Manusia dari segala etnis memiliki relasi dengan Allah melalui iman kepada Kristus. Iman kepada Yesus Kristuslah yang mempersatukan dan menjadikan umat menjadi “manusia baru” yang selalu dibaharui menuju kepada kemuliaan (Ep. 4:24). Orang beriman harus hidup dalam iman dan berhikmat sehingga peka dan selalu siap menghadapi berbagai tantangan.

Nas ini mengajak dan mengajarkan kepada kita: 1. Tetaplah berdoa, dan hendaknya doa–doa kita berorientasi bukan pada kebutuhan dan keinginan kita, tetapi pada maksud-maksud Allah yang kekal dalam Kristus. 2. Pakai dan pergunakanlah bakat, talenta, hikmat dan pengalaman menjadi sumber kekuatan sesuai dengan rencana dan keinginan Allah supaya nama Tuhan semakin dipermuliakan melalui hidupmu. 3. Biarlah Kristus masuk dalam hatimu, Dialah yang memberi kekuatan sehingga oleh imanmu kamu berakar dan bertumbuh di dalam kasihNya. Amin!

BERDOA

BERNYANYI BE. 650:4 DIPASADA HOLONGNA I
Martoruk ni roha ma, dibagasan holongNa i
Taradoti hasadaon ni Tondi i, pinadomu ni dame i.

DOA BAPA KAMI

Menyanyikan BE. 36:1 Pasupasu Hami
Pasupasu hami O Debatanami, sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s