Apakah kamu percaya kepada Tuhan?


Yohanes 20:28
“Tomas menjawab Dia : “Ya Tuhanku dan Allahku”

PANGGILAN BERIBADAH:
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI KJ. 289:2 TUHAN, PENCIPTA SEMESTA
KasihMu nyata terjelma di sinar surya yang cerah
Di sawah dan tuaiannya yang Kauberi.

PEMBACAAN FIRMAN : Yehezkiel 39:17-29

APAKAH KAMU PERCAYA PADA TUHAN?

Ungkapan My Lord , My God merupakan ungkapan ketakjuban dan pengakuan Tomas bahwa Yesus adalah Lord dan God. Setelah Yesus bangkit dan hadir di tengah-tengah para murid dan berkata: “Damai sejahtara bagi kamu!”. Maka mereka takjub.

Perasaan cemas dan rasa kehilangan mereka terobati. Keraguan dan penasaran Tomas terjawab dengan kehadiran dan bukti dari kebangkitan Yesus. Tomas percaya setelah melihat. Yesus berkata: Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya. Percaya walau tidak melihat merupakan pintu mengenal Tuhan. Kita tidak melihat Yesus tetapi percaya sebagaimana doa pengakuan iman kita. Menurut Yesus kita adalah orang berbahagia. Sama seperti Nuh, Abraham, Sara, dan lain-lain. Tidak seperti Tomas, tidak mau percaya kecuali ada bukti. Setelah melihat bukti, kemudian Tomas menjawab Yesus;”Ya Tuhan dan Allahku, “My Lord , My God ”.

Sama seperti iman Tomas iman kita pun berproses untuk mengaku bahwa; Yesus adalah My Lord , My God. Pengakuan Tomas ini merupakan pengakuan pertama tentang Yesus sebagai Allah, dan pengakuan yang sangat luar biasa, yang melampaui pengakuan murid yang lain. Keraguan dan antusiasme Tomas untuk mengenal kebenaran Allah merupakan proses pengakuan iman Tomas. Tomas tidak mau beriman buta, yang tidak didasarkan pada kebenaran yang ia tidak ketahui. Keraguan Tomas menghantarnya menjadi penginjil besar dan setia ke India hingga ia mati martir. Jika keraguan kita muncul, seharusnya keraguan itu akan mendorong kita menemukan kebenaran dalam firman Allah yang pada waktunya kebenaran itu akan diperhadapkan kepada kita, dan akhirnya kita percaya pada kebenaran Injil sama seperti Tomas. Keraguan Tomas bukan sesuatu yang sensasional belaka atau pemberontakan akan kebenaran, tetapi keraguan yang antusiasme untuk menemukan kebenarn yang hakiki dari Allah. Amin.

BERDOA

BERNYANYI BE. 709:2 JESUS MANGASI I AU
Jesus mangasi i au, pola mate ala au, lao manesa dosangki, laos mangungkap surgo i
Jesus Tuhanku nampuna ahu, sai pos rohangku Bibel mandok tu au.

DOA BAPA KAMI

Menyanyikan BE. 36:1 Pasupasu Hami
Pasupasu hami O Debatanami, sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s