Rindukan kehormantanNya


Yohanes 5:44
Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa

PANGGILAN BERIBADAH:
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE. 268:4 Debatangku Do Donganhu
Debatangku do donganku na manogu au tongtong. TioponNa do tanganku
nang lao suda bohalhon. Pos do rohangki disi Debata do donganki salelenglelengna i.

PEMBACAAN FIRMAN : Yehezkiel 33:21-33

RINDUKAN KEHORMATANNYA

Dalam rangkaian pelayananNya, Yesus menyatakan berbagai karunia penyembuhan dan mujizat dengan tujuan agar Allah dipuji, dihormati dan dimuliakan. Saat itu, bangsa Yahudi sangat mendambakan Sang Mesias Juruselamat untuk menolong dan membawa mereka keluar atau terlepas dari pendudukan bangsa Romawi yang lalim dan kafir.

Sebagai bangsa pilihan Tuhan mereka tidak dapat menerima hidup sebagai orang asing dan diperlakukan sebagai warga negara kelas dua. Di bawah bimbingan para Imam dan ahli Taurat, bangsa Yahudi diajarkan untuk sabar dan tekun menantikan kedatangan Mesias dengan cara berusaha memenuhi setiap tuntutan hukum Taurat dengan semurni-murninya. Para Imam dan ahli Taurat menjadi pusat pengharapan bangsa itu sehingga mereka memperoleh kedudukan dan sangat dihormati. Di antara ahli Taurat dan para Imam terciptalah kesatuan dan budaya saling menghormati namun sangat kaku serta tidak mau dikoreksi. Melalui pelayanan dan kesaksiaanNya, Yesus membawa pembaharuan dan pemurnian dengan menyatakan diri sebagai Yang datang dalam nama BapaNya dan sebagai Mesias yang dijanjikan. Namun orang Yahudi tidak bisa menerima dan tetap menolakNya. Suatu ironi dan kisah yang tragis: menantikan Sang Juruselamat dengan sungguh-sungguh namun manakala Sang Juruselamat hadir kita tidak terima bahkan menolaknya.

Rahasia Firman Tuhan hari ini adalah bahwa untuk dapat percaya dan memperoleh Hikmat Allah maka di samping menghormati sesama, maka kita juga harus mencari dan merindukan hormat yang datang dari Allah. Bagaimanakah caranya? Yaitu: manakala kita merasakan kesungguhan, ketulusan dan sikap takjub di dalam membaca Alkitab, mendengar Firman Tuhan, mengangkat pujian, bersekutu, melayani dan bersaksi bagiNya. Itulah sukacita dan rahasia sukses kita. Tuhan memberkati. Amin!

BERDOA

BERNYANYI KJ. 242:4 MULIAKAN ALLAH BAPA
Kemuliaan selamanya dalam sorga bergema. Hormat dan syukur dan kuasa
diberi ciptaanNya. Haleluya, puji Dia, Raja Agung semesta!

DOA BAPA KAMI

Menyanyikan BE. 36:1 Pasupasu Hami
Pasupasu hami O Debatanami, sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s