Allah sumber hikmat sejati


1 Rajaraja 3: 11-12
Jadi berfirmanlah Allah kepadanya: “Oleh karena engkau telah meminta hal yang demikian dan tidak meminta umur panjang atau kekayaan atau nyawa musuhmu, melainkan pengertian untuk memutuskan hukum, maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorang pun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorang pun seperti engkau.

PANGGILAN BERIBADAH:
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE. 248:2 Saleleng Ho Di Tano On
Sai songon hau na denggan ho, ramos parbueni i
Bulungna pe na uli do antong sai tiru i.

PEMBACAAN FIRMAN : Yehezkiel 27:11-36

ALLAH SUMBER HIKMAT SEJATI

Suatu waktu Salomo memberikan persembahan kepada Tuhan. Ia mempersembahkan seribu korban bakaran kepada Tuhan. Hasilnya Tuhan menampakkan diri kepadanya dalam mimpi, dimana Tuhan memberi kesempatan kepadanya meminta dari Tuhan. Namun yang sungguh menakjubkan hati Tuhan adalah Salomo tidak meminta kekayaan dan umur panjang. Salomo hanya meminta hikmat yaitu hati yang faham menimbang dan membedakan yang baik dan jahat. Dengan hikmat itu ia dapat menghakimi dan memimpin Israel dengan adil.

‘Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?”(I Raja. 3:9). Salomo tidak meminta untuk kepentingannya sendiri. Salomo berdoa untuk kepentingan orang banyak. Itulah sebabnya hati Tuhan tergerak dan menjawab doa Salomo lebih dari yang diminta.

Inilah ajakan firman hari ini. Supaya orang percaya dapat berfungsi dengan baik dalam bagian mereka masing-masing maka orang-orang percaya membutuhkan hikmat dan pengertian dari Allah. Yakobus, juga memberitahukan kepada kita bagaimana cara memperoleh hikmat, “hendaklah ia memintakannya kepada Allah” (Yak. 1:5). Sebab Allah adalah sumber hikmat yang sejati dan segala anugerah yang sempurna datangnya selalu dari Dia. Marilah kita minta hikmat dari Tuhan agar Tuhan memberi kita kekuatan untuk dapat menanggung apa yang harus kita tanggung dalam kehidupan ini. Dan agar Tuhan memberikan kepekaan untuk kita agar dapat merasakan kehendakNya dan mampu untuk melakukannya. Amin!

BERDOA

BERNYANYI KJ. 405:2 KAULAH, YA TUHAN, SURYA HIDUPKU
Kaulah hikmatku, Firman hidupku; Kau besertaku dan ‘ku sertaMu
Engkau Bapaku , aku anakMu denganMu, Tuhan, ‘ku satu penuh.!

DOA BAPA KAMI

Menyanyikan BE. 36:1 Pasupasu Hami
Pasupasu hami O Debatanami, sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s