KUATKANLAH HATIMU JANGAN TAKUT


MINGGU XIV SETELAH TRINITATIS, 05 SEPTEMBER 2021
KUATKANLAH HATIMU JANGAN TAKUT (YESAYA 35: 4-10)

Yesaya (Yesyayahu): “KESELAMATAN DARI TUHAN; pemberitaan atau nubuatan dan sekaligus untuk mengingatkan akan kasih Allah kepada umat-Nya. Bahwa oleh kasih-Nya bangsa Israel akan dipelihara dan akan mengalami perubahan yang luar biasa, serta keselamatan akan hadir apabila masih mau mempergunakan telinga dan setia kepada Tuhan.

Beberapa tahun yang lalu, ada terbit sebuah buku yang berjudul: “The God is Dead”. Buku ini dikarang oleh filsuf Fredrich Nietzsche. Dalam tulisannya dalam buku itu, eksistensi atau keberadaan kemahakuasaan dan kasih Allah untuk keselamatan manusia dipertanyakan. Dituliskan, jika Tuhan masih hidup, Dia tidak akan membiarkan terjadinya perang, kelaparan, penindasan dlsb. Dengan pengertian yang sama, kita telah diperhadapkan dengan situasi yang sangat sulit, situasi yang tidak menentu, termasuk dengan Pandemi Covid-19. Akibatnya: ada ketakutan yang luar biasa, ekonomi semakin sulit, terjadi kematian, kehilangan sukacita, menjadi tawar hati dan semakin pesimis (sebuah cara yang mengatakan bahwa manusia tidak lagi mampu mempercayai tatanan kosmis). Dasar-dasar dari nilai-nilai manusia harus dievaluasi. Ini adalah akibat rasa takut atau kecemasan yang luar biasa. Seakan-akan Tuhan tidak berpihak kepada kita, The God is Dead.

Dengan pesan nas ini, kita diberi pengharapan untuk tidak takut dan harus kuat. Catatan: Kata takut bermula dari Kejadian 3: 10; hal itu muncul karena berkaitan dengan dosa. Nas ini juga memberi rasa optimis dengan hadirnya TUHAN yang dapat mengubah segala sesuatu. Ingat, orang yang paling sial di dunia ini adalah orang yang tidak punya pengharapan. Kita sebaiknya tetap mempercayai janji keberpihakan Allah, sebab Dia sudah dan akan menunjukkan diri-Nya di dalam kepedulian-Nya di dalam diri Kristus.

Kita harus tetap memiliki harapan bahwa Yesus pasti datang dalam rangka pemulihan global. Sebuah pengharapan dalam penguatan iman. Sebagai orang yang beriman sebaiknya melakukan apa yang menjadi pesan Nabi Yesaya: bangkit dan aktif, serta saling menguatkan satu dengan yang lain. Tuhan memberkati. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s