Buah Pertobatan


BERNYANYI BE. 369:1. Na marhahangi hita sasude
Na marhahaanggi, hita sasude. Ndang mardia imbar manang ise pe. Asing be hatanta, nang luat ta pe. Sada do Amanta i taingot be.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Ratapan 3:22-23
Malam: Lukas 1:45-50

RENUNGAN
Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu.
Yesaya 1:19

Buah Pertobatan
Hidup gagal dan menderita dituding karena tidak mendengar Tuhan. Tetapi kehidupan bergaul dengan Tuhan ditandai dengan penyerahan diri artinya setiap hari selalu belajar Firman Tuhan dan berdoa secara sungguh-sungguh, kemudian setia melakukan perintah Tuhan tiap hari. Murka Allah akibat dosa dipicu oleh ketidaktaatan pada perintah Tuhan seperti sikap tegar tengguk, sombong, egois, dan tidak mau diatur Tuhan. Nas hari ini menyuarakan bagaimana Nabi Yesaya diutus Tuhan berbicara pada Bangsa Israel yang pada masa itu digerogoti kemerosotan moral, hidup meninggalkan Tuhan, menyembah berhala, berontak, berlaku tidak adil, menindas hak orang lemah dan janda miskin. Untuk hal itulah Tuhan berkata agar Bangsa yang jahat itu bertobat, menuruti dan mendengar Tuhan. Saat itulah Tuhan menanti pertobatan, bukan persembahan atau pengorbanan materi dari umat-Nya.

Bagaimana kehidupan kita saat ini? Sudahkah mengutamakan Tuhan, atau justru meninggalkan atau menomorduakan Tuhan? Hendaklah kita hati-hati pada abad, karena tidak jarang orang meninggalkan Tuhan akibat nafsu roh zaman, roh jahat, materialisme, mempertuhan harta atau jabatan serta fasilitas, sehingga ibadah dan penyembahan serta ketaatan pada Allah Tritunggal dikorbankan. Sebagai keluarga atau pribadi, kita diingatkan agar taat mendengar dan setia menuruti Tuhan. Hari ini kita dipanggil dan diajak untuk mengembangkan kualitas kerohanian kita melalui pertobatan dari dosa dan berjuang hidup berkenan bagi Tuhan. Kiranya hidup kita makin memberikan buah pertobatan sejati.Amin

BERDOA

BERNYANYI KJ-419:1 “Yesus Pimpinlah”
Yesus pimpinlah kami s’lamanya
Hanya di Kau kami ikut, di sepanjang jalan hidup
Tuntun umatMu, masuk rumah-Mu.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s