BERBALIK DAN MENCARI TUHAN ALLAH


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE 173 : 1 Sai Mulak
Sai mulak, sai mulak ho naung lao jalang i
Ai nadao ho nuaeng, holang sian tuam,
O Parjalang ho, mulak mulak ma ho
Mulak mulak ma ho.

PEMBACAAN FIRMAN
Yoh. 5:24 (Pagi)
Bil. 16:28-33 (Malam)

RENUNGAN
Hosea 3:5
Sesudah itu orang Israel akan berbalik dan akan mencari TUHAN, Allah mereka, dan Daud, raja mereka. Mereka akan datang dengan gementar kepada TUHAN dan kepada kebaikan-Nya pada hari-hari yang terakhir.

BERBALIK DAN MENCARI TUHAN ALLAH
Tidak ada seorangpun manusia yang mau dikhianati. Tidak mudah menerima kembali orang yang telah mengkhianati kita. Apalagi penghianatan dan perselingkuhan dilakukan tanpa penyesalan tentu sangat menyakitkan dan melukai hati. Bagaimana pula jika berulang-ulang dilakukan? Namun, tidak demikian halnya dengan kasih Allah. Walaupun Israel tegar tengkuk dan mengkhianati Allah, Dia tidak melupakan perjanjian-Nya dengan leluhur Israel. Kitab Hosea menceritakan bagaimana bangsa Israel pada zaman keemasan dan kemakmuran namun memiliki kebobrokan moral dan spiritual yang sangat parah, yang membelakangi dan meninggalkan Allah dengan menyembah berhala. Seharusnya mereka bersyukur dan semakin dekat dengan Allah, akan tetapi mereka berkhianat kepada Allah dengan menyembah berhala.

Gambaran tentang kasih setia Allah sangat jelas dalam kehidupan Hosea. Ketika Gomer istrinya kembali melacurkan diri, Allah meminta Hosea untuk tetap mencintai dan menerimanya kembali. Melalui Hosea, Allah ingin mengingatkan bangsa Israel akan ketidaksetiaan mereka, dan memerintahkan agar mereka bertobat dan berbalik mencari Allah dengan merenungkan segala kebaikan dan kasih setia Allah. Kita sering berhianat, lebih mengasihi materi, pekerjaan, kekayaan, jabatan, kekuasaan dan lebih cinta kepada tawaran kenikmatan dunia. Nas ini mengingatkan kita agar datang kepada-Nya. Bila kita melihat kepada “perselingkuhan” kita, masihkah kita berani berharap bahwa Tuhan akan tetap setia untuk mengasihi kita? Betapa pun kotornya diri kita dan tidak layaknya kita di hadapan Allah namun Allah tetap mengasihi kita. Renungkanlah segala kebaikan Allah, kasih setia-Nya dan pengampunan-Nya. Tangan Allah tetap terbuka untuk setiap kita, anak-anak-Nya. Datanglah! Bertobatlah dan Berbaliklah kepada kasih Allah. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ No-29 : 1 Di Muka Tuhan Yesus
Di muka Tuhan Yesus, betapa hina diriku
Kubawa dosa-dosaku di muka Tuhan Yesus.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s