LAWAN RASA TAKUT


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-115:1 Tuhan Debata
Tuhan Debata sai ramoti ma, daging dohot tondinami, ido pangidoannami. Sai pahipas
be, hami on sude.

PEMBACAAN FIRMAN
Kel. 18:13-17 (Pagi)
Wahyu 14:1-5 (Malam)

RENUNGAN
Ulangan 1:29-30
Ketika itu aku berkata kepadamu: Janganlah gemetar, janganlah takut kepada mereka; TUHAN, Allahmu, yang berjalan di depanmu, Dialah yang akan berperang untukmu sama seperti yang dilakukan-Nya bagimu di Mesir, di depan matamu,

LAWAN RASA TAKUT
Kita tahu cerita tentang dua belas pengintai: dua orang memberikan laporan positif, tetapi 10 orang memberikan laporan negatif. Setelah mereka kembali ke perkemahan orang Israel, ternyata laporan sepuluh orang ini lebih manjur, sebab semua orang Israel berteriak dalam ketakutan. Dalam situasi seperti mereka, yakni situasi di mana mereka hanya mengandalkan peralatan militer yang sederhana dengan kenyataan bahwa mereka adalah bangsa yang baru, tak ayal lagi ini menimbulkan keresahan nasional. Serentak saat itu terjadilah apa yang dinamakan dengan krisis iman. Tidak ada satu pun orang yang mampu meyakinkan bangsa itu, kecuali Musa, Harun, Yosua, dan Kaleb, bahwa Allah pasti menyerahkan tanah Kanaan kepada mereka. Bilamana semua orang tidak lagi menaruh imannya kepada Allah, sesungguhnya ia hidup dalam ketakutan.

Dari sudut psikologi ketakutan adalah wajar, salah satu emosi dasar manusia selain kebahagiaan, kesedihan dan kemarahan. Namun ketakutan akan menjadi masalah besar bila dibiarkan berlarut-larut atau berkepanjangan, karena ketika kita terus dikuasai olehnya, sukacita dan damai sejahtera kita akan terampas. Alkitab menyatakan bahwa Tuhan memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. Artinya rasa takut bukanlah berasal dari Tuhan, karena itu sebagai orang percaya tidak seharusnya kita hidup dalam ketakutan. “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”(Ibr 13:5b). Oleh karenanya “janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.” (Yes 41:10). Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-457:1 – Ya Tuhan Tiap Jam
Ya Tuhan tiap jam, ‘ku memerlukan-Mu. Engkaulah yang memb’ri sejahtera penuh. Setiap jam ya Tuhan, di Kau ‘kuperlukan. ‘Ku datang Jurus’lamat, berkatilah.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s