KETIKA MENGHADAPI MASALAH


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-176:3 Na Mungkap Do Surgo
Antong, o tondingku tu Jesus ma ro,
Ai las do rohaNa manjangkon nang ho
Ai las do rohaNa manjangkon nang ho.

PEMBACAAN FIRMAN
Mat. 12:18-21 (Pagi)
Yes. 42:18-21 (Malam)

RENUNGAN
1 Samuel 8:7
TUHAN berfirman kepada Samuel: “Dengarkanlah perkataan bangsa itu dalam segala hal yang dikatakan mereka kepadamu, sebab bukan engkau yang mereka tolak, tetapi Akulah yang mereka tolak, supaya jangan Aku menjadi raja atas mereka.

KETIKA MENGHADAPI MASALAH
Pada zaman hakim-hakim yang memimpin Israel, mereka mengalami keamanan dan kemerdekaan yang baik. Saat itu Samuel sudah tua, sementara anak-anaknya tidak bisa diharapkan menggantikan dia (ayat 3). Israel menyadari bahwa tanpa dipimpin seorang raja, sebagaimana yang dimiliki bangsa-bangsa lain, mereka rentan untuk dijadikan bulan-bulanan musuh-musuh mereka. Maka mereka meminta raja untuk menggantikan Samuel menjadi hakim atas mereka (ayat 5-6). Mereka lupa bahwa Allah adalah Raja, pemimpin sejati mereka. Samuel menguraikan harga mahal yang harus mereka bayar kepada raja (ayat 10-18). Walau demikian, bangsa Israel bersikeras untuk mengambil jalannya sendiri.

Sebagai orang Kristen, kita pun sering seperti itu, ketika tekanan hidup mendera kita mengandalkan kemauan dan pikiran kita saja. Seharusnya menjadikan kita lebih dekat dan bersandar pada Tuhan, dan minta petunjuk Tuhan lebih dulu dalam menghadapi masalah. Sebab pilihan kita belum tentu sesuai dengan kehendak dan rancangan Allah. Oleh karena itu, libatkan Allah ketika kita menghadapi setiap kesukaran. Ingatlah bahwa Tuhan mau campur tangan dan tidak akan tinggal diam dalam setiap masalah yang dihadapi anak-anak-Nya. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-401:1 Makin Dekat Tuhan
Makin dekat Tuhan kepada-Mu, walaupun saliblah. Mengangkatku. Inilah laguku, dekat kepada-Mu. Makin dekat Tuhan kepada-Mu.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s