KERJA ADALAH IBADAH


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-24:1 Tuhan Debata
Tatap hami on na pungu di son; Ai na naeng pujionnami denggan ni basaM di hami. Tatap hami on na pungu di son.

PEMBACAAN FIRMAN
1 Kor. 3:1-9 (Pagi)
Yeh. 20:18-20 (Malam)

RENUNGAN
1 Petrus 2:18
Hai kamu, hamba-hamba, tunduklah dengan penuh ketakutan kepada tuanmu, bukan saja kepada yang baik dan peramah, tetapi juga kepada yang bengis.

KERJA ADALAH IBADAH
Petrus menasihati para pekerja Kristen untuk belajar melakukan hal yang baik terkait pekerjaannya. “Karena itu apa yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan kepada manusia (Yak.3:23). Petrus bergumul untuk memberikan penghiburan kepada budak-budak ini di dalam keadaan yang seperti itu. Sekarang ini tidak ada lagi perbudakan, namun bagian ini tetap relevan karena kita hidup dalam jejaring ordo. Adakalanya kita punya atasan yang bukan baik dan peramah, dan adakalanya atasan yang dalam bagian ini dipakai istilah ‘bengis’, lalu bagaimana kita musti bersikap terhadap atasan tersebut?

Petrus mengatakan bahwa kita tetap harus belajar tunduk, dengan penuh ketakutan, karena pada dasarnya kita takut kepada Tuhan, kita mengasihi Tuhan; oleh karena itu kita belajar juga menghargai semua orang. Petrus juga mengingatkan agar memegang teguh etos kerja, dan membangun hubungan baik dengan sesama. Sayangnya dunia kita saat ini sedang dilanda jiwa fundamentalis akut, akibatnya setiap berbeda dianggap musuh. Kemana-mana telinga ditutupi hanset, sebuah ketidakpedulian, akibatnya telinga menjadi tuli. Kesibukan yang padat membuat kita tidak mendengar. Telinga kita ditutup oleh rasa sentimen tidak mau mendengar apapun. Mulut tetap berkomentar, cepat menyambar, cepat membakar. Orang bicara ke sana-sini seenaknya atas kebenarannya sendiri, bicara membuli, menghasut orang, telinganya sulit mendengar. Karena itu marilah kita berdoa seperti doa Fransiskus Asisi yang berbunyi.” Tuhan, berikan saya kekuatan untuk menerima hal-hal yang tidak dapat aku ubah, keberanian untuk mengubah hal-hal yang dapat aku ubah, dan hikmat untuk mengetahui perbedaannya” Kerja adalah ibadah, karena itu, bekerjalah untuk Tuhan dan sesama . Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-457:1 Ya Tuhan Tiap Jam
Ya Tuhan tiap jam, ku memerlukan-Mu. Engkaulah yang memb’ri
sejahtera penuh. Setiap jam ya Tuhan, Dikau kuperlukan
Ku datang, Juruselamat, berkatilah!

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s