KUASAI DIRI


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-470: 1. Jesus Ho Nampuna Au
Jesus Ho nampuna au. Dohot na adong di au. Gogo dohot hosangki sahat ma tu tanganMi

PEMBACAAN FIRMAN
Maz. 62:10-13 (Pagi)
Ams. 22:22-29 (Malam)

RENUNGAN
Titus 2: 6
Demikian juga orang-orang muda; nasihatilah mereka supaya mereka menguasai diri dalam segala hal.

KUASAI DIRI
Titus adalah seorang pemuda Yunani rekan kerja Rasul Paulus yang bertugas melayani kumpulan orang-orang pilihan Allah di Kreta dan Dalmatia. Secara khusus ia bertugas untuk mempersiapkan mereka agar menjadi jemaat Tuhan yang tertib dan sopan, rukun di dalam masyarakat serta tunduk kepada pemerintah. Dalam perikop “Kewajiban Orangtua, Pemuda dan Hamba “, maka ayat 6 ini mengingatkan perihal sikap dan perilaku pemuda agar dapat menguasai diri dalam segala hal. Penekanan kata “segala hal” mungkin lebih membedakan bahwa dunia pemuda mempunyai ruang dan kesempatan kebebasan yang sangat besar dan beragam. Namun pesan “menguasai diri’ di dalam berkehendak, apakah melalui ucapan ataupun perbuatan, berlaku untuk semua orang yang muda maupun tua.

Tidak menguasai diri berarti jatuh atau tunduk pada kemauan diri sendiri atau keluar dari kehadiran atau Hikmat Allah. Ketidakhadiran hikmat Allah berarti kita berada dalam kebenaran diri sendiri dan di luar perlindungan-Nya. Kehidupan yang tertumpu hanya pada diri sendiri akan membawa kita selalu sibuk di dalam berbagai-bagai kegiatan dan cobaan untuk mendapatkan kemuliaan yang lebih bersifat materiel dan egoistis. Rasul Paulus melalui rekan kerjanya Titus mendambakan supaya orang-orang pilihan Allah di Kreta (dan kita juga), bisa terpelihara dan bertumbuh dalam Iman serta memiliki pengetahuan Kebenaran Kristus yang sesungguhnya. Hanya dalam Iman dan pengetahuan kebenaran Kristuslah yang memampukan kita menguasai diri dan terlepas dari sikap dan prilaku egois yang menyesatkan. Berbekal Iman dan Kasih Kristus kita menjadi orang-orang yang tertib dan sopan, penuh semangat bekerja, ikhlas melayani serta mampu berbagi kebaikan dengan orang lain. Mari kuasai diri dalam segala hal dan tetap tekun memelihara Iman dalam doa, pujian, membaca Firman Tuhan.Tuhan memberkati kita. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-355: 2. Yesus Memanggil
Hai marilah, kecil dan besar, biar hatimu girang benar. Pilihlah Yesus jangan gentar. Hai mari datanglah! Sungguh, nanti kita ‘kan senang, bebas dosa hati pun tent’ram. Bersama Yesus dalam terang di rumah yang kekal.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s