RESPON PERTOBATAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-470: 1. Jesus Ho Nampuna Au
Jesus Ho nampuna au. Dohot na adong di au. Gogo dohot hosangki sahat ma tu tanganMi

PEMBACAAN FIRMAN
1 Kor. 10:23-28 (Pagi)
Kej. 34:18-24 (Malam)

RENUNGAN
Lukas 3: 14
Dan prajurit-prajurit bertanya juga kepadanya: “Dan kami, apakah yang harus kami perbuat?” Jawab Yohanes kepada mereka: “Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu.

RESPON PERTOBATAN
Pengertian tentang pertobatan berarti berubah cara berpikir (metanoia). Jadi defenisi pertobatan adalah perubahan pikiran yang menghasilkan perubahan tingkah laku, berbalik kepada Allah (Kisah Rasul 26:20). Di dalam Lukas 3, dijelaskan setelah Yohanes melakukan seruan pertobatan dan pembaptisan ada tiga golongan yang merespon dengan sunguh-sungguh yaitu golongan orang banyak, mewakili masyarakat umum (ayat 10-11), pemungut-pemungut cukai (ayat 12-13) dan para prajurit. Yohanes mengajarkan kepada orang banyak supaya meningkatkan terhadap kepedulian sosial, yaitu membantu yang berkekurangan. Untuk para pemungut cukai Yohannes mengajarkan jangan mengambil keuntungan pribadi melalui jabatan, di mana pemungut cukai mengumpulkan uang rakyat untuk dikelola bagi kepentingan rakyat.

Pesan moral pertobatan dari perikop ini adalah hiduplah dengan jujur dan menjadikan jabatan menjadi suatu kehormatan. Yohanes memberi pesan kepada prajurit supaya menjamin keamanan warga atau rakyat jangan merampas dan memeras tapi cukupkanlah hidupmu dengan gajimu, dimana pada zaman itu prajurit bertindak sebagai pemeras bagi rakyat. Sehingga Yohanes mengajarkan agar bekerjalah dengan penuh rasa syukur, maka Allah akan mencukupkan kebutuhanmu. Ketiga golongan di atas mewakili gambaran kemanusiaan kita pada saat ini. Melalui Firman ini kita dituntut supaya bertobat secara sungguh-sungguh yaitu pertobatan yang dapat dilihat dan dirasakan oleh diri sendiri, dan orang lain terlebih oleh Allah. Yohanes Pembaptis berkata, “Jadi hasilkan buah-buah yang sesuai dengan pertobatan….” Pertobatan sejati akan menghasilkan buah, sehingga pertobatan akan menjadi pertobatan yang berkenaan di hadapan Tuhan dan ini akan menuntun kita pada keselamatan kekal. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-35:1 “ Tercurah Darah Tuhanku”
Tercurah darah Tuhanku di bukit Golgota; yang mau bertobat, ditebus, terhapus dosanya, terhapus dosanya, yang mau bertobat, ditebus, terhapus dosanya.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s