ANUGERAH


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-189:7- O Jesus Na Pangolu Au
O Jesus alealengki, rohaM nama di au
Ai Ho do hangoluanhi, nang di na mate au

PEMBACAAN FIRMAN
Yoh 8:21-30 (Pagi) Yunus 2:1-10 (Malam)

RENUNGAN HARIAN, Rabu 14 Maret 2018
Efesus 2; 8
Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah

ANUGERAH
Anugerah dalam bahasa Indonesia dapat diartikan pemberian atau ganjaran tanpa mengharapakan imbalan dan tanpa biaya. Sedangkan Anugerah menurut Alkitab adalah pernyataan Allah melalui Anak-Nya yang tunggal itu, supaya barangsiapa yang percaya akan Dia jangan binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal (Yoh 3:16).

Kenapa kita diselamatkan? Pada ayat permulaan dalam Efesus 2 disebutkan, manusia perlu diselamatkan karena manusia sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosanya, bahkan manusia hidup di dalamnya. Mati dimaksudkan di sini adalah mati secara rohani. Manusia perlu diselamatkan agar kembali mengenal dan mengikut Tuhan. Manusia yang sudah mati secara rohani berarti jauh dari Allah. Namun Allah yang penuh kasih mengambil inisiatif untuk menyelamatkan manusia. Dapat dikatakan bahwa dalam hal ini manusia tidak ada memiliki andil dalam memperoelh keselamatan itu karena semuanya adalah karya Tuhan semata. Di dalam diri kita tidak terdapat apapun yang memantaskan kita kepada Allah (Roma 3:10-11). Kita tidak memiliki “kasih karunia yang menyelamatkan” dari dalam diri kita. Karena ketidakpantasan itu, keselamatan adalah karya Allah. Ia memberikan kasih karunia yang kita butuhkan. “Kasih karunia yang menyelamatkan” kita ialah Kristus Sendiri. Karya-Nya di atas salib -lah yang menyelamatkan kita, bukan kepantasan kita sendiri. Janganlah kita beranggapan dengan perbuatan baik, kita jadi diperhitungankan apalagi memegahkan diri. Perbuatan baik adalah merupakan buah dari iman, karena iman tanpa perbuatan adalah mati (Yak 2; 17).

BERDOA

BERNYANYI KJ-406:1 – – Ya Tuhanb bimbing aku
Ya Tuhan bimbing aku di jalanku, sehingga ‘ku selalu bersama-Mu. Engganlah ku melangkah setapak pun. ‘Pabila Kau tak ada di sampingku.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-Amin-Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s