Selagi diberi Tuhan kesempatan


Matius 25:31-46

Mengapa kita belum masuk daftar orang meninggal yang diwartakan hari ini? Tuhan punya rencana dalam hidup kita. Ia punya rencana bagi saudara-saudari kita yang sudah mendahului kita.
Karenanya, selagi Tuhan memberi kita kesempatan menjalani hidup ini kita syukurilah dari hati yang terdalam dan dengan iman yang teguh. Kita tekunilah mewujudkan kehendakNya sebagai wujud nyata ungkapan syukur kita.
Dalam Matius 25 ini secara singkat dapat dikatakan bahwa Yesus menyebut dua kelompok manusia: 

(1) yang peduli pada orang kecil, menderita dan terpinggirkan. 

(2) yang tidak peduli. 

Atas dasar itulah nanti pemisahan dilakukan. Dengan anugerahNya dan sambutan kita pada anugerah yang sangat berharga itu kiranya kita masuk dalam kelompok 1. 

Ada ungkapan berharga begini: “Jangan ingat kebaikan yang kamu lakukan kepada orang lain. Jangan pernah lupakan kebaikan orang yang engkau terima.”
Jangan ingat di sini berkaitan juga dengan “memperhitungkan” yang bisa menjerumuskan seseorang pada kesombongan. Misalnya dengan mengatakan, “kalau bukan karena aku, dia itu tidak jadi orang”. Atau, “dasar tak tahu diri, aku yang menyekolahkannya, aku yang memberi pekerjaannya sampai dia berhasil kaya”. Ini adalah cerminan menghitung-hitung apa yang dilakukan seseorang tanpa keikhlasan. 

Kita harus tetap berpegang pada kebenaran bahwa kita hanya bisa memberi dari apa yang kita terima. Yang kita terima dari Tuhan.
Dalam kaitan itu pula ungkapan “ikan teri ikan tenggiri, semakin memberi semakin diberkati” harus kita koreksi. Yang benar adalah “ikan tenggiri ikan teri, karena kita diberkati kita dapat memberi”. 

Di dalam doa kita bertemu dengan Kristus yang menanggung penderitaan dunia ini, di dalam pelayanan dan pemberian pertolongan kita bertemu dengan orang-orang yang membutuhkan uluran hati dan tangan yang di tengah-tengah mereka Kristus hadir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s