Nyanyikanlah Nyanyian baru bagi Tuhan


Minggu Kantate, 03 Mei 2015
Nyanyikanlah Nyanyian Baru Bagi Tuhan!

Mazmur 47:2-10

Bani Korah, penulis mazmur ini, mengajak seluruh umat dan seluruh bangsa untuk bernyanyi memuji nama Tuhan Allah. Dia seorang penjaga pintu Bait Allah dan sekaligus penyanyi di Bait Allah pada zaman Yosafat, dia mencipta lagu dari pengalaman bangsa Israel, yang menyaksikan perbuatan Allah yang dahsyat bagi bangsa Israel dan dunia ini.

Ajakan Korah tidak sekedar menyanyi dengan nada dan ekspresi seperti tepuk tangan, tangis, tawa dan suara yang keras, tapi orang yang bernyanyi memuji Tuhan berarti dia adalah orang yang percaya kepada Tuhan Allah. Dia percaya bahwa Tuhan adalah Allah yang besar, peduli, penolong, yang memberikan karunia seperti bangsa Israel yang diberikan tanah pusaka oleh Tuhan Allah, dan Dialah yang Mahakuasa di atas segalanya.

Nyanyian Korah ini juga gambaran terhadap iringan sorak-sorai kepada Kristus yang naik ke sorga (ayat 6). Dia yang telah lahir, mati, bangkit, dan naik ke sorga. Nyanyian dalam ibadah menolong setiap orang untuk semakin mengenal Tuhan yang disembahnya, jalan-jalan-Nya, kebesaran-Nya, kuasa-Nya, pertolongan-Nya, dan kebesaran-Nya yang menuntun hidupnya dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang bernyanyi berarti dia melihat setiap perbuatan Tuhan dan itu melahirkan rasa syukur atas semua karya Tuhan. Oleh karena itu, nyanyian Korah membuat kita terus bertumbuh spiritualitas kita dengan pengajaran-pengajaran di dalam nyanyian tersebut (ayat 8).

Nyanyian itu sebuah iman kepercayaan bahwa Tuhan itu adalah Allah. Nyanyian itu menolong kita semakin mengenal Tuhan, bertumbuh, dan berbuah lewat kesaksian yang kita serukan membuat kita semakin mantap untuk menyanyian nyanyian yang baru bagi Tuhan. Setiap hari nyanyian itu kita nyanyikan lewat perbuatan di kehidupan sehari-hari. Bagaimana kita melihat Tuhan yang hadir di setiap kehidupan kita baik di dalam suka dan duka. Seiramalah doa dan nyanyian kita dengan perilaku dan perbuatan kita. Percayalah bahwa Tuhan senantiasa terus berkarya dan menyatakan kasih-Nya kepada kita setiap hari. Di Minggu Kantate (Cantate Domino Canticum Novum artinya nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan) kita diajak agar memuji Tuhan dan bernyanyi lewat kesaksian, kepercayaan, dan perilaku kita yang memuji Tuhan Allah
(Pdt. Rudi SM Pardede)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s