TUHAN, DENGARLAH SERUANKU


Minggu Misericordias Domini
Artinya: Bumi penuh dengan kasih setia TUHAN (Mazmur 33:5b)

Mazmur 4:2-9

Ketika kita mengalami kesesakan atau keputusasaan, kita harus berseru kepada Tuhan agar mendapat kelegaan, karena hanya Tuhan yang mampu dan yang setia memberikan pertolongan. Mazmur ini menolong kita mengenali orang-orang yang doanya dijawab oleh Tuhan, yaitu mereka yang memiliki hubungan pribadi yang mengandalkan Tuhan (Ayat 6, 9); yang mempunyai keinginan yang sungguh-sungguh akan pertolongan Tuhan (Ayat 2, 4, 7) dan yang selalu hidup saleh (Ayat 4-6).

Beberapa cara untuk membangun hubungan pribadi dengan Tuhan ialah dengan rajin membaca Alkitab, mengikuti persekutuan, selalu bersyukur, berdoa, bersaksi dan berdiakonia. Dengan melakukan itu semua setiap hari, membuat iman kita bertumbuh sehingga dapat mendengar tuntunan Roh ketika menghadapi pergumulan hidup. Di dalam pergumulan itu, Allah mau menyatakan kehadiran-Nya dalam penyerahan hidup kita ke dalam kuasa-Nya. Firman Tuhan yang kita baca dan doa-doa yang kita panjatkan menjadi dasar kekuatan kita dalam menghadapai tantangan yang menghadang. Setiap firman yang kita baca mengingatkan kita akan janji Tuhan dan berkat yang disediakan-Nya bagi yang setia kepada-Nya.

Agar dapat memiliki pengertian bahwa Allah menjawab doa permohonan kita, harus hidup saleh (Ams.15:29; Yoh.9:31). Mereka yang setia mengabdikan dirinya untuk Allah akan didudukkan sebagai pewaris kerajaan-Nya. Jika kita menjadi milik Allah, maka kita mempunyai keberanian menghadap Dia untuk berseru meminta pertolongan-Nya, karena Dia adalah pelindung dan pemelihara kita (Ibr.10:22; 1 Yoh. 3:21-22). Setiap orang yang berlindung kepada Tuhan akan bersukacita dan bersorak-sorai selama-lamanya karena Tuhan menaungi mereka (Maz.5:12).
(Pdt. Krisman Sianturi-Lippo Karawaci).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s