Menanti dalam kekudusan


MINGGU ADVENT II, 07 Desember 2014
2 Petrus 3:6-15

Kita sudah memasuki Minggu Advent kedua. Kita menantikan kedatangan Yesus keduakali, yang akan memberi kita hidup kekal. Dan itulah tujuan hidup kita. Dengan itu kita diingatkan, bahwa akan ada akhir dari semua. Kita harus akui, menunggu adalah sesuatu yang sangat sulit.

Banyak orang merasa, itu hanyalah angan-angan, karena sudah ribuan tahun Yesus tidak kunjung datang. Padahal harus kita ingat, bila Tuhan nampaknya “menuda” kedatanganNya, itu adalah untuk kepentingan kita; karena masih banyak orang yang belum bertobat dan belum menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamatnya. Bila Yesus datang, mereka yang belum bertobat akan binasa. Allah memberi kesempatan atau masa anugerah bagi mereka. Karena itulah Yesus “menunda” kedatanganNya. Sering, yang menunggu tidak sabar atau kecapekan lalu tertidur. Untuk itu kita harus seperti seorang penjaga malam yang tetap waspada. Kita bersiap dalam iman dan hidup. Iman harus setia.

Dunia sebagai sarang iblis dan dosa terus menggoda dan menyesatkan. Itulah juga sebagai ujian iman bagi kita, apakah iman kita sudah dewasa. Iman yang dewasa akan terus bertahan apa pun ujian, pencobaan, godaan, bahkan kesakitan dan penderitaan yang timbul akibat iman kepada Yesus. Iman yang dewasa akan nampak dalam hidup yang kudus, yang “berbeda” dengan dunia; hidupnya “dikhususkan” hanya untuk Tuhan. Setiap detik hidupnya ada di hadapan Tuhan: “supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia” (ay. 14; band ay. 11). Itulah cara kita menantikan kedatangan Tuhan Yesus. Amin

(Pdt. Krisman Sianturi-Lippo Karawaci)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s