TUHAN ADALAH TERANG DAN KESELAMATAN KITA


Kamis , 11 Februari 2021

01. Nyanyian BE No. 117 : 1. Jahowa Debatanta Do
Jahowa Debatanta do partanobatoanta. Musunta ingkon talu do dibaen pangondinganta. Ianggo musu i, i ma sibolis i; jorbut do tahi ini, mangago jolma i; ndang dapot na mangatup.

02. Pembacaan Firman
▪ Pagi : 1 Raja-raja 11:29-40
▪ Malam : 2 Korintus 2:12-17

03. Renungan : Mazmur 27:1
Dari Daud, Tuhan adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? Tuhan adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?

Saudaraku yang terkasih! Dalam nats ini, pemazmur berdoa kepada Tuhan dengan penuh keyakinan bahwa Tuhan adalah terang dan keselamatan. Ia adalah benteng tempat perlindungan bagi umatNya. Keyakinan sekaligus pengakuan iman ini bukan tanpa alasan. Sebab ada pengalaman pribadi di dalamNya. Bukan juga karena hidup Pemazmur selalu dalam keadaan aman, sebaliknya ia sering berada dalam ancaman bahaya. Diserang oleh pasukanmusuh ( ay.2 ), dikepung oleh pasukan musuh tentara… ( ay. 3 ), orang-orang berperang terhadapnya, ayah dan ibu meninggalkannya (ayat 10).

Berbagai pengalaman itulah yang dialami oleh pemazmur di sini. Dalam situasi itu pemazmur menaikkan pujian dan permohonan kepada Allah, ia percaya bahwa ketika ia berlindung kepada Tuhan, Dia akan membuat musuh-musuhnya tergelincir dan jatuh. Kepercayaannya kepada Tuhan tidak luntur seberat apapun tantangan yang dihadapi di depan matanya. Ia tahu bahwa tempat terbaik baginya untuk berlindung dan merasa aman hanya di dalam Tuhan saja. Renungan hari ini mengajak kita berlindung di bawah naungan Tuhan saja. Di sanalah kita mendapatkan ketenangan, keamanan dan kesejahteraan. Dekat dengan Tuhan membuat kita tidak takut lagi, apapun tantangan dan persoalan yang kita hadapi dalam kehidupan kita. Sebab Dia adalah terang yang menerangi jalan hidup kita dan Dialah penolong kita yang menyelamatkan kita. Amin.

04. Berdoa.

05. Bernyanyi KJ. No. 370: 1 Ku Mau Berjalan Dengan Juruslamatku
‘Ku mau berjalan dengan Juruslamatku di lembah berbunga dan berair sejuk. Ya, kemana juga aku mau mengikutNya sampai aku tiba di negri baka. Ikut, ikut, ikut Tuhan Yesus; kutetap mendengar dan mengikutNya. Ikut, ikut, ikut Tuhan Yesus, ya kemana juga ku mengikutNya!

06. Doa Bapa kami – Amin.

__Tuhan Memberkati, Syalom__

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s