KEYAKINAN DALAM KEPEDIHAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-11 : 4, Aha ma Endehononku
Haholongan, habasaron, hata hangoluan i.
Dohot angka haporsuhon, i do parhiteanMi.
Manogihon au anakMu masuk tu harajaon-Mu;
ala ni hupuji Ho tung marribu hali do.

PEMBACAAN FIRMAN
Dan. 2:1-19 (Pagi)
Mat. 2:1-12 (Malam)

RENUNGAN
Mazmur 86 : 9 – Segala bangsa yang Kaujadikan akan datang sujud menyembah di hadapan-Mu, ya Tuhan, dan akan memuliakan nama-Mu.

KEYAKINAN DALAM KEPEDIHAN
Saudaraku, Daud ketika menulis syair ini, nas hari ini, dia tengah menghadapi kesulitan hidup. Kesulitan tersebut tidak membuatnya surut untuk terus melanjutkan kehidupannya dan janji Tuhan. Hidup Daud bukanlah hidup yang tenang, ia memiliki ragam pergumulan, namun kepasrahan dan imannya membuat hatinya teguh dalam menghadapi banyak tantangan.
Bahkan di tengah-tengah pergumulannya, ia dimampukan untuk berkata: “Segala bangsa yang Kaujadikan akan datang sujud menyembah di hadapan-Mu, ya Tuhan, dan akan memuliakan nama-Mu”. Ia mengetahui dengan baik, bahwa sekalipun tantangan itu datang, tetapi jika Allah tidak mengizinkan dirinya kalah, maka ia tidak akan kalah.

Saudaraku, kita memiliki tantangan yang berbeda-beda dan stimulus yang kita berikan juga berbeda-beda, namun semua itu hanya tergantung kepada Allah saja, seberapa hebat pun diri kita untuk menghindari kekalahan, dan menghasilkan kemenangan, jika Allah berkehendak lain, semua itu tidak ada gunanya. Saat ini, Firman Tuhan mengajak kita untuk terus menyuarakan nama Allah dalam kehidupan kita. Selaku orang-orang percaya, adalah sebuah kewajiban untuk terus menunjukkan diri kepada orang lain dalam bentuk kepasrahan kepada Allah. Dengan demikian, kita menjadi orang yang dipakai Allah untuk menunjukkan kuasa-Nya dalam sendi-sendi kehidupan sehari-hari. Iman Daud adalah contoh, sebab ia percaya, sekalipun banyak tantangan, dengan berpasrah kepada Allah, maka kehendak Allah akan terjadi, bahkan melalui diri Daud. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-332 : 1, Kekuatan serta penghiburan
Kekuatan serta penghiburan diberikan Tuhan padaku.
Tiap hari aku dibimbing-Nya; tiap jam dihibur hatiku.
Dan sesuai dengan hikmat Tuhan ‘ku dib’rikan apa yang perlu.
Suka dan derita bergantian memeperkuat imanku.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI BE-36 : 1, Pasupasu hami
Pasupasu hami, o Debata-nami. Sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Tinggalkan komentar