TUHAN HADIR DI TENGAH-TENGAHMU, PUJILAH DIA!


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-10:4, Hupuji hupasangap Ho
Tongtong pasangaphonku Ho saleleng au mangolu;
Paratarataonku do barita ni goarMu.
Pamatang dohot tondingki ingkon mamuji sangapMi. Pinuji ma goarMu.

PEMBACAAN FIRMAN
Ibr. 12 : 7-13 (Pagi)
Yos. 8 : 1-23 (Malam)

RENUNGAN
Zakaria 2 : 11 – Dan banyak bangsa akan menggabungkan diri kepada TUHAN pada waktu itu dan akan menjadi umat-Ku dan Aku akan diam di tengah-tengahmu.” Maka engkau akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.

TUHAN HADIR DI TENGAH-TENGAHMU, PUJILAH DIA!
Nabi Zakaria menguatkan dan meneguhkan hati sisa bangsa Israel yang baru pulang dari pembuangan Babel bahwa Tuhan Allah akan kembali ke Yesusalem dengan kasih sayang dan membangun tembok-tembok Yerusalem (1:16). Dengan tangan Zerubabel, maka Tuhan Allah akan mendirikan Bait-Nya dan Allah akan mengumpulkan dan membawa pulang umat-Nya yang berserak, Tuhan sendiri akan diam di tengah-tengah mereka.

Lebih dari pada itu Tuhan sendiri akan menghentikan kekerasan yang dialami umat-Nya dan akan mendatangkan damai sejahtera melalui seseorang, yang kekuasaannya tidak terbatas hanya kepada satu bangsa atau wilayah tetapi kepada semua kaum di bumi ini (9:9-10). Kristuslah yang dijanjikan dan penggenapan atas janji Tuhan. Semua orang yang tinggal dari segala bangsa, bahkan yang menyerang Yerusalem akan datang tahun demi tahun untuk syujud menyembah Kristus Raja, Tuhan semesta alam, dan mereka akan menjadi umat Allah sendiri. Tuhan Allah sendiri yang melakukannya supaya bangsa Israel percaya dan tetap setia kepada Tuhan.

Pertanyaan untuk kita renungkan; apakah kita benar-benar menyadari bahwa kita adalah milik Allah dan bahwa Allah senantiasa hadir di tengah-tengah kehidupan kita? Apakah kita sudah sehati, sepikir dalam satu kasih, satu jiwa dan satu tujuan dengan orang-orang percaya lainnya? (Fil. 2:2). Kita patut memuji, memasyurkan, mengingat kasih sayang dan kebaikan-kebaikan Tuhan yang kita terima dalam hidup kita. Percayalah hingga hari ini dan sampai selama-lamanya Tuhan tetap bekerja di tengah-tengah umat-Nya.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-10:1 Pujilah Tuhan, Sang Raja
Pujilah Tuhan, Sang Raja yang Mahamulia!
Segenap hati dan jiwaku, pujilah Dia!
Datang berkaum, b’rilah musikmu bergaung, angkatlah puji-pujian!

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-566 : 1 Na Badia
Na badia do Ho, dipuji rohangkon do
Diboto rohangkon do mandok,
badia do Ho

Tinggalkan komentar